Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Kemenperin Proyeksikan TKDN Sebesar 40 Persen

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto : instagram @agusgumiwangk Berita24.com - Kementerian Perindustrian memproyeksik...

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto : instagram @agusgumiwangk

Berita24.com - Kementerian Perindustrian memproyeksikan rata-rata Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sektor industri mencapai 40% dalam 5 tahun mendatang.

Dilansir dari Antara.com, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, TKDN setiap sektor industri saat ini berbeda-beda. Akan tetapi, ia berharap angka 40% tersebut dapat terealisasi.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan, program P3DN mengatur mengenai kewajiban instansi pemerintah untuk mengoptimalkan penggunaan hasil produksi dalam negeri, yakni terkait dengan kegiatan pengadaan barang/jasa yang dibiayai oleh APBN/APBD.

Selain itu, program tersebut juga memberikan prefensi kepada barang/jasa dari produksi dalam negeri yang ada pada proyek-proyek itu. Peran dari P3DN dapat meningkatkan serta mempertahankan utilisasi industri nasional melalui penyediaan jaminan maupun penjagaan terhadap produk pasar tertentu yang telah diproduksi di dalam negeri.

Implementasi program tersebut dapat memberikan ruang bagi industri nasional untuk meningkatkan kapasitas produksi serta kualitas barang dan jasa yang dihasilkan sehingga pada akhirnya mampu bersaing secara mandiri dipasar internasional.

Sigit mengatakan, beberapa sektor manufaktur di Tanah Air yang telah mengoptimalkan TKDN cukup signifikan dan mampu mendukung pembangunan nasional, diantaranya industri penunjang migas, industri ketenagalistrikan, industri alat mesin pertanian, dan industri alat kesehatan.

Kemenperin memproyeksikan, industri penunjang migas memiliki capaian TKDN berkisar antara 25,25-75,09%, kemudian di industri ketenagalistrikan memiliki capaian TKDN antara 7-8%. Sedangkan, capaian TKDN di sektor industri alat mesin pertanian berkisar antara 25-62%, dan pada sektor industri alat kesehatan dengan capaian TKDN sekitar 6,26-98,52%.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani

Reponsive Ads