Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Harga Sejumlah Komoditas Pangan Naik Jelang Natal dan Tahun Baru

Harga Sejumlah Komoditas Pangan Naik Jelang Natal dan Tahun Baru. Foto : Instagram @harianjogja Berita24.com - Harga sejumlah komodita...

Harga Sejumlah Komoditas Pangan Naik Jelang Natal dan Tahun Baru. Foto : Instagram @harianjogja

Berita24.com - Harga sejumlah komoditas pangan di pasar tradisional mengalami kenaikan jelang Natal dan Tahun Baru. Diantaranya bawang merah, ayam ras, telur ayam ras serta minyak goreng curah.

Dilansir dari Katadata.co.id, Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Srie Agustina mengatakan, kenaikan harga empat komoditas itu masih dalam tingkat wajar di tingkat harga acuan. Kenaikan harga bahan pangan tertinggi terjadi pada bawang merah sekitar 21,5 persen menjadi Rp 27.649 per kilogram (kg) dibandingkan pada bulan Oktober sebesar Rp 22.750 per kg.

Sedangkan, harga ayam ras naik sebesar 2,80 persen menjadi Rp 34.156 dari sebelumnya sebesar Rp 33.227, minyak goreng curah naik sebesar 1,44 persen dari sebelumnya Rp 11.462 menjadi 11.627 dan telur ayam ras dari Rp 22.604 naik 1,43 persen menjadi Rp 22.927.

Ia menambahkan, penyebab terjadinya kenaikan harga komoditas barang salah satunya karena kemarau panjang sehingga beberapa hasil pertanian mengalami gagal panen. Akan tetapi, permintaannya terus meningkat.

Untuk menghadapi lonjakan permintaan menjelang Natal dan Tahun Baru, Kementerian Perdagangan juga meminta pemerintah daerah untuk memantau dan melaporkan perkembangan harian harga kebutuhan pokok secara berkala.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani


Iklan Halaman Depan