Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Nilai Tukar Rupiah Melemah Sebab Hubungan Politik AS dan Tiongkok

ilustrasi uang. Foto : instagram @vonnytriaveilany Berita24.com - Penutupan perdagangan Rabu (16/10) berdasarkan data Bloomberg, nilai...


ilustrasi uang. Foto : instagram @vonnytriaveilany

Berita24.com - Penutupan perdagangan Rabu (16/10) berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah melemah 0,04% menjadi Rp 14.171 per dolar AS. Analis memperkirakan pelemahan rupiah karena dipengaruhi ketegangan hubungan politik AS dan Tiongkok.

Dilansir dari Katadata.co.id, Analis PT Planton Niaga Berjangka, Lukman Leong mengaku salah satu sentimen pelemahan rupiah datang dari pengaruh global. Dimana, Tiongkok menganggap AS mencampuri urusan internal politik terkait Hong Kong.

Sebagai dukungan terhadap Hong Kong, parlemen AS membuat peraturan tegas terhadap Tiongkok. Peraturan pertama yaitu, membentuk undang-undang Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong.

Yang kedua, tentang Protect Hong Kong Act, ketiga, berupa resolusi tak mengikat yang mengakui hubungan Hong Kong dengan AS.

Dan yang keempat, sikap AS memuji Kanada terkait dengan permintaan AS untuk mengekstradisi Meng Wanzhou, chief financial officer Huawei Technologies Ltd yang ditangkap di Kanada pada Desember lalu.

Keempat peraturan itu dibuat oleh Dewan Perwakilan AS dan telah disahkan oleh Dewan dengan suara bulat. Akan tetapi, peraturan tersebut masih harus disahkan lagi oleh Presiden AS Donald Trump.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani

Iklan Halaman Depan