Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Mendag Perkirakan 12 Perjanjian Dagang Rampung Mulai Tahun 2020

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Foto : instagram @asefjupe Berita24.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita me...

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Foto : instagram @asefjupe

Berita24.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memperkirakan sebanyak 12 perjanjian dagang yakni termasuk delapan diantaranya dengan pasar non-tradisional rampung mulai tahun 2020 sebagai salah satu strategi mendongkrak ekspor.

Dilansir dari Antara.com, Enggar mengatakan delapan negara serta kawasan tujuan ekspor di luar pasar utama Indonesia yaitu Maroko, Bangladesh, Tunisia,Turki, Djibouti, Pakista, Iran serta negara dikawasan Eurasia.

Selain delapan pasar non-tradisional tersebut, juga ada perjanjian dagang dengan Uni Eropa dan ASEAN seperti China, India, Jepang dan Korea Selatan (RCEP).

Enggar mengatakan ada juga dua peninjauan ulang perjanjian dagang sebelumnya yaitu perdagangan bebas ASEAN-Australia dan Selandia Baru (AANZFTA) dan perdagangan bebas ASEAN (AFTA).

Menurutnya, diversifikasi pasar ekspor mengarah non-tradisional penting dilakukan untuk mencermati situasi ekonomi dunia yang semakin tak menentu, yang melibatkan negara tujuan ekspor utama Indonesia.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani

Reponsive Ads