Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Kemendag : Pentingnya Pendataan Kebutuhan Beras di Indonesia

ilustrasi Beras. Foto : instagram @wongtani.id Berita24.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menegaskan pentingnya pendataan kebut...


ilustrasi Beras. Foto : instagram @wongtani.id

Berita24.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menegaskan pentingnya pendataan kebutuhan beras diseluruh wilayah Indonesia, dimana nantinya dapat dipergunakan sebagai basis pengambilan kebijakan pangan dalam negeri.

Dilansir dari Antara.com, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjelaskan, pendataan itu saat ini tengah dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), yang diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan kedepan.

Pada September 2019, berdasarkan data BPS, terjadi deflasi sebesar 0,27%. Walaupun mengalami deflasi, kelompok padi-padian dan umbi-umbian mengalami kenaikan sebesar 0,13% serta memberikan andil terhadap inflasi sebesar 0,01%.

Selain itu,harga beras kualitas medium ditingkat penggilingan juga tercatat mengalami kenaikan 0,84% yakni menjadi Rp 9.301 per kilogram. Sedangkan, beras premium juga naik 0,67%, dan beras kualitas rendah sebesar 1,02%.

Oleh sebab itu, untuk menjaga pasokan dan menjaga daya beli masyarakat, Kementerian Perdagangan telah meminta Perum Bulog untuk memasok beras medium ke pedagang sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani


Iklan Halaman Depan