Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Ini Dua Aplikasi yang Diluncurkan Kemenkeu

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. Foto : Instagram @sahat_simarmata Berita24.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meluncurkan dua apli...

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. Foto : Instagram @sahat_simarmata

Berita24.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meluncurkan dua aplikasi integrasi lintas kementerian dan lembaga (K/L). Dengan peluncuran aplikasi tersebut, Kemenkeu berharap dapat meningkatkan transaksi perdagangan luar negeri dan investasi.

Dilansir dari Katadata.co.id, Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo mengatakan, aplikasi pertama yakni Single Submission Pelayanan Fasilitas Fiskal atas Impor Barang Operasi untuk Kegiatan Usaha Hulu Migas. Sehingga pemberian insentif fiskal kepada pelaku kegiatan usaha hulu migas menjadi lebih transparan dan akuntabel. Oleh sebab itu, hal tersebut berdampak pada penerimaan negara yang kian tumbuh.

Dimana, fasilitas fiskal tersebut dapat berupa pengurangan atau pembebasan bea masuk atas barang impor yakni terkait dengan eksploitasi dan eksplorasi migas. Pelaku usaha yang dapat mengajukan insentif tersebut yakni, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

Sementara itu, pelaku usaha tak perlu datang ke K/L untuk menyampaikan laporannya. Aplikasi ini juga diklaim dapat meningkatkan kualitas, konsistensi data dan memungkinkan integrasi sistem KKKS (system to system).

Kedua, aplikasi terkait Gateway Sistem Delivery Order (DO) Online dalam Sistem Indonesia National Single Window (INSW). Dimana sistem tersebut bertujuan untuk meningkatkan kelancaran arus barang serta menurunkan biaya logistik di pelabuhan.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani




Iklan Halaman Depan