Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Ini Alasan Perlu Adanya Perubahan Startup di Indonesia

Pameran Starup Teknologi dan Inovasi Industri Anak Negeri. Foto : Instagram @zonalomba. Berita24.com - CEO Orbit Ventura, Sachin Gopal...

Pameran Starup Teknologi dan Inovasi Industri Anak Negeri. Foto : Instagram @zonalomba.

Berita24.com - CEO Orbit Ventura, Sachin Gopalan menjelaskan perlu adanya perubahan budaya atau cara pandang dalam melihat kegagalan startup atau Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) di Indonesia.

Dilansir dari Antara.com, Sachin mengatakan Ada budaya kalau gagal nanti malu ia tak dapat mengerti, kita harus belajar dari startup budaya di negara lain kalau gagal di startup ini bukan kegagalan tapi satu langkah untuk level berikutnya. Kami harus membangun budaya seperti itu disini dan itu membutuhkan waktu dan kerja sama.

Ia menambahkan, 90-95% PPBT gagal di negara manapun. Walaupun sekali gagal, pendiri PPBT yang nanti akan menbangun startup lagi sampai menjadi sukses saat membangun PPBT kelima dari pendiri yang sama. 

Selain itu, Bendahara Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia, Edward Ismawan Chamdani menjelaskan, Pemerintah Indonesia fokus untuk para pelaku PPBT, yakni dengan memberikan insentif pembiayaan dan pendampingan bagi kalangan tersebut.

Dimana, Indonesia memiliki pangsa pasar yang besar dengan kontribusi PPBT yang besar serta produk domestik bruto yang besar di Asia Tenggara, sebab Indonesia memiliki jumlah penduduk terbesar di kawasan tersebut.

Oleh sebab itu, ia percaya PPBT Indonesia akan tumbuh dengan baik jika memenuhi standar internasional dengan 11 parameter untuk menarik investor, baik dari luar maupun dari dalam negeri, yakni untuk  mendanai pengembangan bisnis mereka.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani

Reponsive Ads