Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Syariah Akan Terus Meningkat

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi syariah. Foto : Instagram @ekonomisyariah Berita24.com - Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan k...

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi syariah. Foto : Instagram @ekonomisyariah

Berita24.com - Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan kegiatan ekonomi syariah untuk selanjutnya dapat terus meningkat. 

Dilansir dari Republika.co.id, Kepala Ekonomi dan Keuangan Syariah BI, Suhaedi mengatakan, nantinya separuh dari perekonomian di Indonesia berbasis syariah.

Ia pun yakin kegiatan ekonomi syariah di Indonesia dapat melebihi 50%. Hal itu juga termasuk dengan pembiayaan syariah yang dapat terus meningkat. Akan tetapi, perlu dengan dukungan dari banyak pihak terkait.

Namun, Suhaedi mengatakan saat ini belum ada yang dapat mengukur secara jelas porsi kegiatan ekonomi syariah di Indonesia. Hal itu sebenarnya dibutuhkan sebab angka kegiatan ekonomi syariah sudah cukup tinggi.

Oleh sebab itu, untuk saat ini BI tengah bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yakni untuk mencari formula perhitungan PDB yang syariah dan juga terhadap PDB keseluruhan.

Dimana, BI telah menyusun tiga strategi yakni untuk mengembangkan ekonomi syariah diantaranya pertama, melakukan pengembangan halal value chain yang ditujukan untuk mendukung terciptanya produk lokal yang berkualitas tinggi.

Kedua, BI akan melakukan pendalaman pasar keuangan syariah yang dapat dilakukan melalui peningkatan manajemen syariah bagi sektor riil. Sebab, pembiayaan syariah itu bersumber baik dari sektor keuangan komersil maupun sosial syariah.

Dan yang terakhir, harus dilakukan penguatan riset dan edukasi untuk mengembangkan ekonomi syariah. Penguatan itu dapat meningkatkan literasi masyarakat melalui edukasi dan sosialisasi ekonomi syariah.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani

Reponsive Ads