Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Apindo Sebut Pelemahan Daya Beli Sebabkan Turunnya Ekspor-Impor

Apindo sebut pelemahan daya beli Sebabkan Penurunan ekspor-impor. Foto : instagram @luinambivesiano Berita24.com - Ketua Umum Asosiasi ...

Apindo sebut pelemahan daya beli Sebabkan Penurunan ekspor-impor. Foto : instagram @luinambivesiano

Berita24.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani memperkirakan adanya pelemahan daya beli masyarakat. Hal tersebut menyebabkan penurunan ekspor dan impor pada September 2019.

Dilansir dari Katadata.co.id, Hariyadi mengatakan penurunan ekspor dan impor dapat tercermin dari perlambatan pertumbuhan ekonomi. Di tambah, bila terjadi penurunan impor bahan baku akan di khawatirkan terjadi penurunan daya beli.

Ia mengaku defisit neraca dagang pada September terjadi akibat pertumbuhan ekonomi belum optimal. Hal tersebut karena pertumbuhan ekonomi hanya di nikmati oleh penduduk kelas menengah ke atas, sehingga penduduk kelas menengah ke bawah tertekan.

Sedangkan, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional, Shinta Kamdani menjelaskan, defisit perdagangan terjadi akibat 70% kebutuhan bahan baku dan penolong dipenuhi oleh impor.

Akan tetapi, ia memproyeksikan pertumbuhan ekspor sulit dilakukan lantaran kondisi ekonomi global di liputi ketidakpastian. Oleh sebab itu, Shinta memperkirakan defisit neraca dagang masih akan terjadi.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani

Reponsive Ads