Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

September 2019 Deflasi 0,19% Akibat Harga Cabai Turun

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. Foto : Instagram @perpusbismg Berita24.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo men...

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. Foto : Instagram @perpusbismg

Berita24.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menjelaskan, penurunan harga cabai merah akan menyumbang deflasi pada September 2019. Hal tersebut, berdasarkan survei pemantauan harga di minggu ketiga September 2019, BI memperkirakan bulan ini akan terjadi deflasi sebesar 0,19 persen secara bulanan dan 3,48 persen secara tahunan.

Dilansir dari Katadata.co.id, Perry mengatakan pasokan cabai pada bulan ini sudah kembali normal sehingga dapat terjadi deflasi sebesar 0,21 persen.

Beberapa komoditas lain juga tercatat menyumbang deflasi yakni, bawang merah sebesar 0,07 persen dan daging ayam sebesar 0,05 persen.

Perry mengatakan, kenaikkan inflasi dua bulan terakhir memang disumbang oleh kenaikan harga cabai. Akan tetapi, kenaikan tersebut hanyalah faktor musiman. Oleh sebab itu, ia yakin inflasi di akhir tahun akan berada dibawah titik tengah sasaran 3,5 persen. 

Sedangkan, tahun depan, BI masih optimis target inflasi akan berada diangka 3 persen +/- 1 persen.

Sebelumnya, BI menyebut efek kemarau panjang yang terjadi saat ini telah berdampak pada kenaikan harga cabai yang turut menyumbang kenaikan inflasi. Akan tetapi, BI memastikan kenaikan harga cabai hanya bersifat sementara.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani

Reponsive Ads