Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

KNKS Mulai Inisiasi Peta Jalan Fintech Syariah

Fintech. Foto : Instagram @idfintechwatch. Berita24.com - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) mulai menginisiasi roadmap teknologi ...

Fintech. Foto : Instagram @idfintechwatch.

Berita24.com - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) mulai menginisiasi roadmap teknologi finansial (tekfin/fintech) syariah. Hal tersebut akan menjadi gambaran besar kemana arah pengembangan fintech syariah Indonesia.

Dilansir dari Republika.co.id, Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal, Afdhal Aliasar menjelaskan, peta jalan ini sangat penting supaya pengembangan lebih terarah. Selain itu, peta jalan juga menjadi bahan bakar untuk percepatan.

Afdhal mengatakan, fintech syariah harus belajar dari industri syariah yang sudah ada, seperti perbankan. Peta jalan dapat dibuat berdasarkan evaluasi dari perkembangan industri bank syariah.

Fintech jangan hanya mengejar volume, tetapi kualitasnya dan ciri khas maqosith syariahnya dikesampingkan. Percepatan juga perlu seperti bank syariah yang terus mengejar pangsa pasar diusianya yang kini sudah 28 tahun.

Afdhal juga memberikan idenya untuk membuat peta jalan yang telah disampaikan pada regulator dan pelaku industri. Inisiatif tersebut disambut baik dan mulai dikaji tahun ini.

Ia pun menyadari dan juga mendapat banyak masukan terkait industri fintech syariah. Pelaku industri kini mengalami kesulitan dalam pengembangan, sebab proses izin yang sulit, seperti dalam mendapatkan sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional (DSN).

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani

Reponsive Ads