Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Mengenal Pasar Wage, Pasar Terbesar di Purwokerto

Berita24.com - Pasar Wage menjadi satu di antara pasar tradisional terbesar di Kota Purwokerto, Jawa Tengah. Sebelumnya pasar ini bers...

Berita24.com - Pasar Wage menjadi satu di antara pasar tradisional terbesar di Kota Purwokerto, Jawa Tengah. Sebelumnya pasar ini berstatus Pasar Induk, kini statusnya berubah menjadi pasar kota yang aktifitasnya hidup selama 24 jam.

Sebagai salah satu pasar terbesar di Kabupaten Banyumas, Pasar Wage dapat menampung banyak pedagang. Kini telah tercatat sebanyak 1.700 pedagang resmi berjualan di pasar ini. Di luar jumlah tersebut, mereka masuk ke dalam Pedagang Kaki Lima (PKL).

“Bangunan Pasar Wage dibagi menjadi dua yaitu lantai bawah dan atas. Kalau lantai atas dapat menampung sekitar 500 pedagang dan bawah bisa mencapai 1.200, karena di bawah ada 3 lokasi yaitu Blok A, C, dan D,” ujar kepala UPT Pasar Wage.


PKL yang tidak resmi tercatat sebagai pedagang di Pasar Wage, keberadaannya menimbulkan masalah. Pengunjung pasar seringkali merasa tidak nyaman dengan adanya PKL tersebut. Gilang salah seorang pengunjung Pasar Wage mengakui keberadaan PKL memang kurang tertata dengan rapih.

“Sebenarnya kalau bisa ditata lebih rapih lagi mungkin lebih baik. Apalagi jika pasar sedang ramai,itu membuat pasar kurang nyaman terlebih dengan banyaknya lalu lalang pengunjung, baik yang jalan kaki atau yang dengan sepeda motor, ” ujarnya.


Penulis : Rizqa Fajria

Reponsive Ads