Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Kebakaran Hutan Amazon Picu Kemarahan Global terhadap Brazil

Kebakaran di hutan hujan Amazon. Foto: thenewdaily.com Berita24.com – Kebakaran hutan dan deforestasi di hutan hujan Amazon memicu k...

Kebakaran di hutan hujan Amazon. Foto: thenewdaily.com

Berita24.com – Kebakaran hutan dan deforestasi di hutan hujan Amazon memicu kemarahan dunia internasional terhadap Brazil, dilansir Reuters

Kemarahan tersebut antara lain datang dari para pemimpin negara-negara seperti Inggris, Prancis dan Jerman yang menyuarakan keprihatinan mereka terhadap kebakaran yang meluas di hutan Amazon. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Presiden Brazil Jair Bolsonaro, telah mengambil langkah diplomatik untuk membujuk dunia internasional agar kembali memberikan kepercayaan kepada Brazil atas pemeliharaan lingkungan Amazon.

Langkah diplomatik itu dilakukan dengan mendistribusikan surat edaran setebal 12 halaman ke kedutaan asingnya yang berisi uraian data dan statistik yang akan digunakan untuk membela pemerintah yang sedang dalam posisi terpojok.

Dengan adanya edaran tersebut, Bolsonaro berusaha untuk membantah kritik dunia terhadap catatan lingkungan Brasil. Disebutkan misalnya dalam edaran itu, bahwa deforestasi atau penggundulan hutan, memang memuncak pada pertengahan 1990-an, namunn berkurang sebesar 72% antara 2004 dan 2018.

Meski demikian, pemerintah Brazil nampaknya mengabaikan beberapa kebijakan yang lebih kontroversial dari Presiden Jair Bolsonaro. Pihaknya lupa menyebutkan bahwa deforestasi telah meningkat dengan signifikan lagi sejak 2012, yang diantaranya disebabkan oleh perkembangan ekonomi Brazil dan pemotongan anggaran yang mengakibatkan pemeliharaan lingkungan berkurang.

Reponsive Ads