Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Ini Sebab Pemerintah Harus Jaga Stabilitas Harga

Peneliti Institute for Development of Economisc and Finance (INDEF) Ahmad Heri Firdaus. Foto : Pontas.id Berita24.com - Pemerintah haru...

Peneliti Institute for Development of Economisc and Finance (INDEF) Ahmad Heri Firdaus. Foto : Pontas.id

Berita24.com - Pemerintah harus bisa menjaga stabilitas harga, sebab hal tersebut merupakan salah satu kunci dari upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Dilansir dari Antara.com, Peneliti Institute for Development of Economisc and Finance (INDEF)  Ahmad Heri Firdaus menjelaskan, adanya perang dagang yang dapat berpengaruh terhadap perlambatan ekonomi dunia dan berimbas pada Indonesia, berupa permintaan barang yang berkurang atau ekspor menurun akan mengakibatkan investor enggan untuk masuk dan investasi pun melambat. 

Akan tetapi, kondisi ekonomi Indoesia masih diuntungkan dengan adanya dominasi dari faktor domestik yakni konsumsi rumah tangga yang mencapai sekitar 80% sedangkan faktor internal seperti ekspor, impor dan investasi yang hanya berkontribusi 20%.

Heri menambahkan, bahwa Indonesia adalah negara terbuka akan tetapi tak terlalu bergantung pada asing sehingga jika terdapat krisis global yang akan terakhir terkena dampaknya. Namun,  juga akan paling terakhir mendapat manfaat dan keuntungan saat terdapat peluang bagus. 

Akan tetapi, pada 2008 juga terdapat resesi global sehingga mengakibatkan ekonomi dunia anjlok.  Sedangkan, Indonesia masih bisa naik sebesar 4,8% karena faktor domestik berupa daya beli dan konsumsi masyarakat yang tinggi.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani

Reponsive Ads