Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Harga Jatuh, China Terancam Deflasi

Seorang wanita tengah memilah sayuran di sebuah supermarket di Beijing, China. Foto: Yahoo Finance Berita24.com – China terancam me...

Seorang wanita tengah memilah sayuran di sebuah supermarket di Beijing, China. Foto: Yahoo Finance

Berita24.com – China terancam mengalami deflasi karena harga produsen jatuh untuk pertama kalinya dalam 3 tahun, dilansir Reuters.

Dengan permintaan yang melambat di dalam dan luar negeri, produsen China harus memotong harga untuk mempertahankan pangsa pasar, menekan margin keuntungan dan menghambat investasi baru yang diperlukan untuk mengembalikan perekonomian.

Selain itu, turunnya harga minyak mentah, bijih besi dan bahan baku lainnya juga berperan.

Indeks harga produsen (PPI) China turun 0,3% dari tahun sebelumnya pada bulan Juli, menurut Biro Statistik Nasional (NBS), Jumat (9/8).

Itu adalah kontraksi pertama secara tahunan sejak Agustus 2016, meskipun indeks sekarang telah turun secara berurutan selama dua bulan terakhir.

“Lemahnya permintaan mulai berdampak pada ekspektasi di sisi produksi,” ujar analis Zou Qiang dari Everbright Pramerica Fund Management.

Zou memperkirakan kontraksi harga memburuk dalam beberapa bulan mendatang karena pembatasan yang lebih ketat pada sektor properti, karena regulator mencoba mengendalikan risiko hutang.

Reponsive Ads