Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Dibalik Niat Donald Trump Membeli Greenland

Nuuk, Ibu Kota Greenland. Foto: thenational.ae Berita24.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, berencana untuk membeli Green...

Nuuk, Ibu Kota Greenland. Foto: thenational.ae
Berita24.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, berencana untuk membeli Greenland, sebuah negara otonom Kerajaan Denmark yang terletak diantara Samudra Arktik dan Atlantik.

Dilansir dari The Guardian, pembelian Greenland tengah dibahas secara aktif di Kantor Oval Donald Trump.

Akan tetapi, apa sebenarnya yang membuat Trump tertarik untuk membeli tempat paling sunyi di dunia ini?

Bagi Trump, membeli Greenland sama saja dengan membeli real estate seumur hidup, yang akan mengamankan tanah seluas seperempat ukuran AS dan memperkuat tempatnya dalam sejarah AS bersama Presiden Andrew Johnson, yang membeli Alaska dari Rusia pada 1867, dan Thomas Jefferson, yang mengamankan Louisiana dari Prancis pada 1803.

Niat Trump membeli pulau bernilai miliaran dolar itu adalah untuk membantu memblokir ambisi militer Rusia yang baru, karena posisi strategis Greenland yang berada diantara AS dan Rusia.

Selain itu, tujuan pembelian Greenland lainnya ialah untuk mengalahkan dominasi Cina atas logam industri dunia. Sperti diketahui, Greenland menampung beberapa endapan terbesar logam tanah yang langka, seperti neodymium, praseodymium, dysprosium dan terbium, bersama dengan uranium dan produk sampingan seng.

Untuk pembahasan kesepakatan pembelian lebih lanjut, Trump akan bertemu dengan pemimpin provinsi di Greenland Kim Kielsen dan Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen yang akan dilakukan bulan depan.

Reponsive Ads