Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

BI Terapkan Kebijakan Longgar dalam Jangka Panjang

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti. Foto : Katadata.co.id Berita24.com - Kemungkinan BI akan terapkan kebijakan mon...

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti. Foto : Katadata.co.id

Berita24.com - Kemungkinan BI akan terapkan kebijakan moneter yang longgar dalam jangka panjang yakni, untuk menarik investasi langsung yang dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. 

Dilansir dari Antara.com, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti menjelaskan, stabilitas perekonomian domestik yang terjaga, akan mendukung BI terus melonggarkan kebijakan moneter baik melalui instrumen suku bunga acuan maupun likuiditas. 

Menurutnya, BI perlu untuk mempertahankan kebijakan moneter dan makroprudensial yang akomodatif. Sebab, tugas utama BI adalah untuk menjaga stabilitas ekonomi yang sudah terpenuhi. Diantarnya inflasi nasional yang berada di titik tengah sasaran inflasi atau dibawah 3,5% secara tahunan. Begitu juga dengan risiko nilai tukar rupiah yang semakin mereda. 

Destry mengatakan, tekanan ekonomi global berpotensi meningkat karena imbas perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Ia memastikan BI akan selalu berjaga untuk stabilitas harga instrumen keuangan di pasar. Pelaku pasar juga disarankan tak panik. Sebab, tekanan terhadap nilai tukar hanya bersifat sementara, ditambah fundamental ekonomi masih terjaga dengan baik. 

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini 

Penulis : Handayani

Reponsive Ads