Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

WHO Nyatakan Wabah Ebola di Kongo ‘Darurat Kesehatan Internasional’

Barang-barang medis dan seorang penyintas Ebola merawat pasien Ebola Ibrahim Mupalalo di dalam Biosecure Emergency Care Unit (CUBE) di ...

Barang-barang medis dan seorang penyintas Ebola merawat pasien Ebola Ibrahim Mupalalo di dalam Biosecure Emergency Care Unit (CUBE) di ALIMA (Aliansi untuk Tindakan Medis Internasional) pusat perawatan Ebola di Beni, Republik Demokratik Kongo. Foto: africa.cgtn.com

Berita24.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah Ebola di Kongo sebagai darurat kesehatan internasional pada Rabu (17/7), dilansir Reuters.

WHO memperingatkan dunia internasional akan ancaman virus Ebola yang menyebar hingga ke kota besar dan ke negara-negara tetangga di Afrika.

Hingga kini wabah tersebut dilaporkan menyebabkan hampir 1.700 orang tewas, dan merupakan yang terburuk di Kongo.

Untuk itu, kampanye kewaspadaan dan vaksinasi terus dilakukan sampai ke daerah pelosok agar penyebaran wabah dapat dihentikan.

Meskipun awalnya WHO telah tiga kali menolak untuk menyatakan kondisi darurat, akhirnya pihaknya menyatakan kondisi darurat kesehatan internasional setelah seorang pendeta meninggal setelah melakukan perjalanan ke Goma, sebuah kota berpenduduk 2 juta di Kongo dan sebuah pintu gerbang ke negara-negara lain di wilayah tersebut.

Hal itu membuktikan bahwa Ebola telah menginfeksi orang-orang diperbatasan negara sehingga WHO khawatir wabah tersebut menyebar hingga ke negara-negara tetangga. Hal itu akhirnya menyadarkan WHO bahwa virus Ebola di Kongo harus dinyatakan sebagai darurat kesehatan internasional.

Reponsive Ads