Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

UNESCO Tetapkan “Ombilin Coal Mining” Sawahlunto Sebagai Warisan Dunia

Tambang Batu Bara Ombilin, Sawahlunto, Sumatera Barat. Sumber foto: unesco.org Berita24.com – Tambang Batu Bara Ombilin yang berada ...

Tambang Batu Bara Ombilin, Sawahlunto, Sumatera Barat. Sumber foto: unesco.org

Berita24.com – Tambang Batu Bara Ombilin yang berada di Sawahlunto, Sumatera Barat resmi ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia, dilansir Antara.

Ombilin dibangun untuk ekstraksi, pemrosesan dan pengangkutan batu bara berkualitas tinggi di wilayah Sumatera Barat oleh pemerintah kolonial Belanda.

Situs industri ini sudah dikembangkan oleh Belanda dari akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20 dengan tenaga kerja yang direkrut dari penduduk lokal dan ditambah dengan tenaga kerja terpidana dari daerah yang dikuasai Belanda.

Ombilin terdiri dari situs pertambangan, kota perusahaan, fasilitas penyimpanan batubara di pelabuhan Emmahaven dan jaringan kereta api yang menghubungkan tambang dengan fasilitas pantai. 

Menanggapi penetapan UNESCO tersebut, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada situs Ombilin.

Menpar menyatakan bahwa diakuinya Ombilin oleh UNESCO akan mempermudah promosi Ombilin sebagai destinasi wisata. Selain itu, juga dapat dengan mudah menarik investor serta wisatawan mancanegara.

Reponsive Ads