Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Perry : Cabai Rawit Jadi Penyumbang Inflasi Terbesar

Cabai rawit menjadi peyumbang inflasi terbesar pada bulan ini, yakni mencapai 0,12%. Foto : Konfrontasi.com Berita24.com - Berdasarkan ...

Cabai rawit menjadi peyumbang inflasi terbesar pada bulan ini, yakni mencapai 0,12%. Foto : Konfrontasi.com

Berita24.com - Berdasarkan hasil survei pemantauan harga yang dilakukan oleh Bank Indonesia, memproyeksikan inflasi pada minggu ketiga Juli 2019 sebesar 0,23% secara bulanan dan 3,23% secara tahunan. 

Dilansir dari Republika.co.id, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan, ada beberapa komoditas menjadi penyumbang inflasi pada bulan ini, salah satunya yakni, cabai rawit sebesar 0,12%. Sebab, harga cabai yang tinggi karena jadwal panen diluar musimnya dan pola konsumsi masyarakat yang lebih menyukai cabai segar. Oleh sebab itu, Perry pun menyarankan agar masyarakat dapat mulai mengonsumsi cabai kering. 

Selain cabai rawit, emas dan perhiasan juga menyumbang inflasi sebesar 0,4% hingga 0,6%. Selain itu, terdapat juga beberapa komoditas penyumbang deflasi karena penurunan harga, seperti tarif angkutan antar kota, bawang merah, tomat sayur dan daging ayam ras. 

Oleh sebab itu, kedepannya Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah. Hal tersebut, guna memastikan inflasi tetap rendah dan stabil, termasuk dalam mengantisipasi musim kemarau yang lebih awal dan panjang. 

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani 

Reponsive Ads