Para Pencari Suaka Terlantar di Kebun Sirih Jakarta Pusat

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Para Pencari Suaka Terlantar di Kebun Sirih Jakarta Pusat

Selasa, 09 Juli 2019
Pencari suaka / pengungsi dari Afghanistan, Sudan dan Somalia terlantar di trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Foto : Berita24/Ahmad Tri Hawaari
Berita24.com - Pencari suaka yang berasal dari Afghanistan, Somalia hingga Sudan terlantar dan bermalam di trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Mereka ingin mendapatkan kepastian tempat tinggal dari Komisi PBB untuk Pengungsi atau United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR). 

Pencari suaka yang terpaksa harus tinggal di trotoar. Foto : Berita24/Ahmad Tri Hawaari

Menurut Laporan Tahunan Global Trends UNHCR, hampir 70,8 juta pencari suaka dipindahkan secara paksa yang jumlahnya 2,3 juta lebih banyak dari tahun sebelumnya. 

Pencari suaka terlantar di jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Foto : Berita24/Ahmad Tri Hawaari
Pencari suaka tersebut terlantar disana karena sudah tidak lagi mendapatkan izin untuk tinggal di tempat tinggal yang lama, yakni di Rumah Detensi Kalideres. Mereka membangun tenda - tenda dan meminta tempat tinggal serta makanan dari UNHCR.

Pencari suaka asal Somalia, Sudan, dan Afghanistan tersebut tinggal di trotoar karena sudah tidak lagi memiliki uang untuk menyewa tempat tinggal dan meminta pertolongan. 

"Saya sudah one week disini, sebelumnya kita di Kalideres meminta tempat tinggal disini," ujar Ali, pencari suaka dari Afghanistan.








Penulis : Rizqa Fajria