Menpar Minta Industri Pariwisata Siapkan Diri Hadapi Era Tourism 4.0

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Menpar Minta Industri Pariwisata Siapkan Diri Hadapi Era Tourism 4.0

Sabtu, 06 Juli 2019
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto : Fajar.co.id

Berita24.com - Industri pariwisata diminta mempersiapkan diri untuk menghadapi perubahan pasar di era Tourism 4.0. Persiapan tersebut termasuk perubahan bisnis dari konvensional ke bisnis dengan konsep digital. 

Dilansir dari Republika.co.id, Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, saat ini industri pariwisata domestik belum siap menghadapi era tourism 4.0. Hal tersebut terlihat dari masih banyaknya keluhan para pelaku usaha perjalanan wisata yang masih mempersoalkan online travel agent (OTA) serta bagaimana harus menyikapi hal tersebut. 

Menurutnya, industri travel agent sudah tak lagi bisa mengandalkan walk in service untuk reservasi tiket serta memilih paket wisata,. Semua sudah berubah ke digital. Oleh sebab itu, suka atau tidak suka industri pariwisata harus mengikuti perubahan pasar yang bergeser ke digital. Yakni hanya ada dua pilihan, persaingan atau bekerja sama. 

Sedangkan, untuk menghadapi hal tersebut, Kemenpar sudah menyiapkan strategi umum untuk membantu induatri wisata. Akan tetapi, kunci dari strategi itu yakni dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Oleh sebab itu, ditetapkannya tahun 2019 sebagai tahun perbaikan SDM. 

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani