Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Kemenper Realisasikan Impor Garam Sebesar 40 Persen

Ilustrasi impor garam. Foto : Tribunnews.com Berita24.com - Kementerian Perindustrian menyebutkan, realisasi impor garam sampai semest...

Ilustrasi impor garam. Foto : Tribunnews.com

Berita24.com - Kementerian Perindustrian menyebutkan, realisasi impor garam sampai semester I mencapai 1,2 juta ton. 

Dilansir dari Katadata.co.id, Direktur Industri Kimia Hulu Fridy Juwono menjelaskan, di tahun ini, total impor garam sebesar 2,7 juta ton. Impor garam yang baru masuk sekitar 40%. 

Impor tersebut diberikan pada 55 perusahaan, terdiri dari 10 perusahaan pengolahan garam, 2 perusahaan chlor alkali plant (CAP), 9 perusahaan kertas, serta beberapa perusahaan kosmetik, farmsi dan pengeboran minyak. 

Dari 55 perusahaan diatas, kebutuhan impor terbesar ialah untuk perusahaan CAP sebesar 1,7 juta ton atau 62%. Sedangkan, industri makanan dan minumn membutuhkan impor garam sebesar 567 ton atau 20,9%, dan sisanya digunakan untuk perusahan pemutih kertas sebesar 480 ribu atau 17%. 

Alasan dilakukannya impor garam yakni karena sejumlah industri tak dapat menggunakan pasokan garam lokal, hal tersebut lantaran kualitas garam lokal belum sesuai dengan yang diperlukan industri. 

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani

Reponsive Ads