Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Ini Strategi BI Kendalikan Inflasi

Ilustrasi Inflasi. Foto : Kompasiana.com Berita24.com - Sistem peringatan dini pengendalian inflasi di Indonesia belum sempurna. Hal ...


Ilustrasi Inflasi. Foto : Kompasiana.com

Berita24.com - Sistem peringatan dini pengendalian inflasi di Indonesia belum sempurna. Hal tersebut, menyebabkan penaganan inflasi di Indonesia lambat. 

Dilansir dari Katadata.co.id, Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira mengatakan, dengan adanya sistem peringatan dini, penanganan inflasi akan lebih cepat dan tidak berlarut-larut, keadaan tersebut juga tak akan dimanfaatkan oleh para tengkulak untuk memainkan harga di tingkat petani maupun pasar. 

Koordinasi antardaerah menjadi poin utama dalam mengendalikan inflasi. Kerjasama antar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)  sangat diperlukan terutama saat pasokan salah satu komoditas sedang mengalami kelangkaan. 

Menurut Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan terdapat tiga strategi yang akan dilakukan BI dalam mengendalikan inflasi tahun ini. Strategi pertama yakni sinergi semua pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga Kepolisian. 

Strategi kedua yakni melakukan adaptasi terutama dalam hal pemanfaatan teknologi informasi. Dan strategi ketiga yakni membuka ruang inovasi dan memperkuat model bisnis perdagangan antardaerah. 

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini 

Penulis : Handayani 

Iklan Halaman Depan