Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Ini Alasan OJK Sulit Berantas Rentenir

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso. Foto : Infobanknews.com Berita24.com - Ketua Dewan Komisioner Ot...


Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso. Foto : Infobanknews.com

Berita24.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, alasan rentenir sulit untuk diberantas yakni karena antara pihak peminjam dan memberikan pinjaman saling merasakan manfaat meskipun harus terbebani oleh bunga yang besar. 

Dilansir dari Antara.com, suatu ketika Wimboh datang ke suatu pasar, hampir seluruh pedagang meminjam uang ke rentenir. Kondisi tersebut didasari atas keperluan mendesak dan akses untuk meminjam ke bank yang sangat sulit. 

Sedangkan, hanya rentenir saja yang menyediakan uang dengan cepat tanpa syarat-syarat yang rumit, oleh sebab itu, pedagang lebih memilih meminjam uang secara mudah meski bunga yang harus dibayarkan hampir setengahnya. 

Selain itu, alasan lain para rentenir sulit diberantas yakni, karena mereka mampu mengambil pasar yang tak bisa diakses oleh perbankan. 

Wimboh menambahkan, Kondisi serupa juga terjadi pada aplikasi finansial teknologi (Fintek). Saat ditemukan adanya kejanggalan, kemudian OJK memblokirnya, akan tetapi, Fintek ilegal tinggal membuat kembali aplikasi baru. 

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini 

Penulis : Handayani

Reponsive Ads