Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Proses Pengerukan Sampah Jadi Sebab Kedangkalan Waduk Pluit

Proses pengerukan di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Foto : Berita24/Ahmad Tri Hawaari Berita24.com - Waduk Pluit yang t...

Proses pengerukan di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Foto : Berita24/Ahmad Tri Hawaari
Berita24.com - Waduk Pluit yang terletak di Penjaringan, Jakarta Utara mengalami kedangkalan sejak beberapa minggu lalu akibat dari proses pengerukan sampah dan sedimen oleh petugas dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta.

Terdapat 15 unit ekskavator amfibi yang melakukan pengerukan lumpur dan sampah yang ada di Waduk Pluit, Jakarta Utara.

Ekskavator amfibi yang dioperasikan petugas Dinas SDA melakukan pengerukan lumpur dan sampah di Waduk Pluit yang menimbulkan bau tidak sedap disekitarnya. Foto : Berita24/Ahmad Tri Hawaari
Dilansir dari CNN, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku bahwa memang ada proses pendangkalan di waduk tersebut agar proses pengerukan lumpur dan sampah dapat dilakukan dengan optimal. 

Ia pun menyebut, kedangkalan akibat dari pengerukan adalah pertanda bahwa waduk tersebut kini sedang dalam masa perawatan, bukan ditelantarkan.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda DKI Jakarta, Yusmada Faizal yang menjelaskan, dalam proses pengerukan, pihaknya menurunkan jumlah volume air hingga dalam kondisi yang sedikit agar proses pengerukan dapat berjalan dengan efektif. 

Sehubungan dengan perawatan Waduk Pluit oleh Pemprov DKI Jakarta, Yusmada pun mengaku bahwa ada kemungkinan nantinya di Waduk Pluit terdapat wisata air seperti yang ada di Danau Sunter. 

Hal tersebut dapat terlaksana, menurutnya, jika persoalan kebersihan di Waduk Pluit sudah dapat dikendalikan. 

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Rizqa Fajria

Reponsive Ads