Wacana Ibu Kota Dipindah, Komisi II DPR : Jakarta Sudah Keberatan Beban

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Wacana Ibu Kota Dipindah, Komisi II DPR : Jakarta Sudah Keberatan Beban

Rabu, 01 Mei 2019
DKI Jakarta // Foto : kompas.com
Berita24 - Anggota Komisi II Fraksi PPP DPR RI Achmad Baidowi menilai pemindahan ibu kota negara adalah sebuah langkah yang tepat, karena menurutnya Jakarta sudah memiliki banyak beban sebagai pusat administrasi pemerintahan.

Dilansir dari Tirto, menurutnya memindahkan ibu kota adalah keinginan yang sudah ada sejak lama, jika saat ini ada keberanian untuk merealisasikan keinginan tersebut, maka itu bagus.

Achmad menilai, Jakarta sudah terlalu penuh sebagai ibu kota negara, karena Jakarta mengemban dua fungsi yaitu kota pemerintahan dan pusat bisnis, sehingga beban Jakarta menjadi sangat berat.

Ia juga berpendapat, pemindahan ibu kota dari Jakarta ke wilayah lain juga karena permasalahan di Jakarta sudah semakin akut, yakni masalah kemacetan dan banjir.

Alasan yang sama juga disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro. Menurutnya, rencana pemindahan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa adalah karena Jakarta macet dan banjir.

Bambang menyebut, Jakarta menjadi kota dengan kondisi lalu lintas terburuk saat sibuk ke-4 dari 390 kota yang disurvey. Jakarta juga menempati peringkat 9 terburuk untuk kepuasan pengemudi, serta kinerja kemacetan terburuk. Maka dari itu, pemindahan ibu kota negara dirasa perlu untuk mengurangi beban - beban tersebut.

Walaupun begitu, pemindahan ibu kota negara juga harus dilakukan dengan kajian yang mendalam, seperti melakukan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) agar tidak mengulang kesalahan yang sama seperti di Jakarta.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Rizqa Fajria