Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Pendongeng Keliling Ajarkan Cinta Hewan dan Lingkungan di Kelas Jurnalis Cilik II

Pendongeng Keliling, Samsudin (48) asal Indramayu mendongeng dengan boneka wayang di Kelas Jurnalistik Cilik. Foto : Berita24/Ahmad Tri ...

Pendongeng Keliling, Samsudin (48) asal Indramayu mendongeng dengan boneka wayang di Kelas Jurnalistik Cilik. Foto : Berita24/Ahmad Tri Hawaari
Berita24 - Samsudin, pria kelahiran Indramu, 8 September 1971 ini mengunjungi Kelas Jurnalis Cilik II di Gang Manunggal, Tanggul Utara, Cilincing, Jakarta Utara. Ia mendongeng dengan membawa pesan kepada anak - anak agar selalu menjaga kelestarian lingkungan.

Dilansir dari Analisa, Pria yang akrab disapa Pak Sam ini termotivasi untuk mendongeng karena melihat banyak sekali perburuan liar hewan yang dilindungi dan perusakan hutan yang sering terjadi di Indonesia.

Perlengkapan boneka wayang Pak Sam untuk mendongeng. Foto : Berita24/Ahmad Tri Hawaari
Dan menurutnya, semua itu terjadi karena ketidaktahuan manusia akan dampak dari perusakan lingkungan dan perburuan hewan yang ia lakukan sendiri.

Maka dari itu, Pak Sam ini mencoba memikirkan cara untuk meminimalisir tindakan dekstruktif tersebut, sehingga muncul ide untuk melakukan dongeng keliling untuk mengedukasi anak - anak agar mengenal dan mencintai lingkungan.

Pak Sam mendongeng ditemani dengan salah satu anak Kelas Jurnalis Cilik II. Foto : Berita24/Ahmad Tri Hawaari
Anak - anak yang telah mengenal dan mencintai hewan dan lingkungan yang ada, kelak nanti ketika sudah dewasa, mereka diharapkan akan menjaga dan melindungi hewan dan lingkungannya sendiri dan menjadi langkah preventif terhadap kondisi lingkungan di masa yang akan datang.

Ia selalu menyelipkan pesan moral dan nilai - nilai kehidupan saat berdongeng, seperti cinta lingkungan, persahabatan, kerja sama, kejujuran dan kesetiakawanan. Ia juga selalu membawa sepeda ontelnya kemanapun ia pergi sebagai wujud dari kecintaannya terhadap lingkungan dan bebas polusi.

Pria lulusan S1 Manajemen Perusahaan Universitas Wisnuwardhana, Malang ini telah keliling Indonesia untuk mendongeng dengan sepeda ontelnya. "Saya mau membantu kelestarian satwa langka melalui berdongeng keliling Indonesia," ujarnya.

Yuk, kita sama - sama bantu Pak Sam untuk mencintai lingkungan dan melindungi satwa langka dengan mengecam perburuan hewan yang dilindungi!

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Rizqa Fajria

Iklan Halaman Depan