Ekowisata Mangrove Muara Gembong Jadi Solusi Abrasi Pesisir

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Ekowisata Mangrove Muara Gembong Jadi Solusi Abrasi Pesisir

Minggu, 05 Mei 2019
Ekowisata Mangrove Muara Gembong. Foto : Berita24/Ahmad Tri Hawaari
Berita24 - Desa Pantai Mekar, Muara Gembong, Bekasi kini telah memiliki destinasi wisata yang indah dan dijadikan kawasan konservasi alam untuk menahan abrasi yang kerap kali menimpa desa tersebut, tempat itu ialah Kawasan Ekowisata Mangrove Muara Gembong.

Tempat ini dibuka untuk umum setelah dilakukan pengembangan tanaman bakau oleh warga yang pendanaannya dibantu oleh PT Pertamina EP sebagai bagian dari program CSR mereka.

Suasana Ekowisata Mangrove Muara Gembong. Foto : Berita24/Ahmad Tri Hawaari
Pengembangan yang dilakukan Pertamina bersama warga Desa Pantai Mekar itu berupa penanaman tanaman bakau, pembangunan tracking, pelatihan pengolahan Mangrove, sosialisasi cinta lingkungan dan membersihkan pesisir.

Selain untuk menahan abrasi dan menjadi destinasi wisata, kawasan Ekowisata Mangrove ini juga dibangun untuk meningkatkan ekonomi dan menambah penghasilan warga sekitar, seperti membuka warung makan di sekitar tempat wisata.

Berbagai jenis burung yang ada di Ekowisata Mangrove Muara Gembong. Foto : Berita24/Ahmad Tri Hawaari
Tempat ini dibuka untuk umum dengan gratis. Warga dan pengunjung yang berlibur dapat menikmati suasana hutan bakau dan tenggelamnya matahari yang disajikan di sini.

Hutan Bakau disini juga menjadi habitat hewan langka seperti Lutung Jawa, Burung Migran, dan lainnya. Tempat ini juga memiliki spot foto yang cantik untuk berswafoto bersama keluarga. Yuk ke Ekowisata Mangrove Muara Gembong!

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Rizqa Fajria