Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

www.uhamka.ac.id/reg

China Naikkan Tarif Impor, Donald Trump Temui Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping menyambut Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada upacara penyambutan di Beijing, Tiongkok. Sumber foto: busi...

Presiden China Xi Jinping menyambut Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada upacara penyambutan di Beijing, Tiongkok. Sumber foto: businessinsider.sg

Berita24 – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump akan temui Presiden China, Xi Jinping pada bulan depan, terkait keputusan China menaikkan tarif impor untuk barang-barang AS (13/5), dilansir Reuters.

Sebelumnya, China mengumumkan akan mengenakan tarif yang lebih tinggi pada sejumlah barang AS termasuk sayuran beku dan gas alam cair, langkah tersebut diambil menindaki  keputusan Washington pekan lalu yang menaikkan pungutan senilai $ 200 miliar terhadap impor dari China.

Kantor Perwakilan Dagang AS selanjutnya mengatakan bahwa pihaknya berencana mengadakan dengar pendapat public pada bulan depan tentang kemungkinan menaikkan bea hingga 25% untuk impor senilai lebih dari $ 300 miliar dari Tiongkok. Barang impor tersebut termasuk ponsel dan laptop, namun tidak termasuk obat-obatan.

Trump mengatakan bahwa dirinya akan membicarakan kondisi perdagangan tersebut dengan Xi  pada puncak G20 di Jepang, akhir Juni mendatang.

“Mungkin sesuatu akan terjadi. Kami akan bertemu, seperti yang anda tahu, di G20 di Jepang itu akan terjadi, saya pikir itu mungkin pertemuan yang sangat bermanfaat.” ujar Trump dalam sambutannya di Gedung Putih.

Seperti diketahui, hubungan China dan Amerika sekarang tengah memanas dalam bidang ekonomi, terlebih pada komoditi teknologi dan jaringan. Kedua negara sama-sama tidak ingin dikuasai, melainkan ingin menguasai. Perang perdagangan yang terjadi antar dua negara adidaya tersebut memberi pengaruh besar terhadap pasar global.

Iklan Halaman Depan