Polri Ikut Selidiki Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Polri Ikut Selidiki Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Sabtu, 13 April 2019
Pemnemuan surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia | Foto : merdeka.com

Berita24 - Penyelidikan kasus surat suara tercoblos yang terjadi di Selangor, Malaysia oleh KPU dan Banwaslu turut didampingi oleh Polisi dalam pemeriksaan lokasi.

Dirangkum dari Tirto, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa KPU meminta kepolisian untuk mengantarkan ke lokasi penyimpanan dokumen yang ada dan mengikuti rapat gabungan.

Rapat gabungan ini terdiri atas Polis Diraja Malaysia (PDRM), KPU, Banwaslu, dan Polri untuk membahas secara komprehensif tentang pengusutan perkara tersebut.

Dedi mengatakan, hasil rapat gabungan itu nantinya akan disampaikan oleh Bawaslu, mereka nantinya akan asesmen apakah terjadi pelanggaran pidana atau pidana umum.

Hasil investigasi surat suara tercoblos hingga kini masih belum diketahui. Komisioner KPU, Viryan Aziz mengaku saat ini KPU masih mengumpulkan kronologi perkara.

Tim KPU yang sudah dikerahkan sejak Jumat (12/4) dini hari masih melakukan rangkaian penyelidikan, mulai dari memeriksa keberasaan surat suara, kondisi surat suara, mendengarkan keterangan saksi hingga mengumpulkan seluruh informasi yang akan disampaikan ketika rapat KPU.

Hingga kini, Viryan masih menunggu hasil kerja dari tim investigasi yang berada di Selangor, Malaysia.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini