Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Pesawat Terbesar di Dunia Lepas Landas Untuk Pertama Kalinya

Roc, pesawat terbesar di dunia. Sumber foto: Inquirer.net Berita24 – Pesawat terbesar di dunia lepas landas di atas Gurun Mojave, Ca...

Roc, pesawat terbesar di dunia. Sumber foto: Inquirer.net

Berita24 – Pesawat terbesar di dunia lepas landas di atas Gurun Mojave, California pada Sabtu (13/4), dilansir Reuters

Pesawat putih tersebut bernama Roc, memiliki lebar sayap sepanjang lapangan sepak bola Amerika dan ditenagai 6 mesin.

Roc naik ke udara sesaat sebelum jam 7 pagi waktu pasifik (1400 GMT) dan tetap tinggi selama lebih dari dua jam sebelum mendarat dengan selamat kembali ke Mojave Air and Space Port, saat mendarat, kerumunan ratusan orang bersorak menyambut Roc.

Pada penerbangan perdana tersebut, Roc mencapai kecepatan maksimum 189 mil per jam dan ketinggian 17.000 kaki.

Orang dibalik pesawat raksasa itu adalah co-founder Microsoft, Paul Allen dalam Stratolaunch Systems Corp.

“Benar-benar penerbangan pertama yang fantastis,” kata Chief Executive Officer Stratolaunch, Jean Floyd, dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs web perusahaan.

Roc dirancang untuk menjatuhkan roket dan kendaraan luar angkasa lainnya dengan berat hingga 500.000 pound pada ketinggian 35.000 kaki. Perusahaan Stratolaunch akan meluncurkan roket pertamanya dari Roc pada tahun 2020. 

Sayangnya, Paul Allen meninggal pada Oktober 2018 ketika menderita limfoma non-Hodgkins, hanya beberapa bulan setelah pengembangan pesawat itu diluncurkan.

“Kita semua tahu Paul akan bangga menyaksikan pencapaian bersejarah hari ini,” ungkap Jody Allen, Ketua Vulcan Inc dan wali dari Paul Allen. “Pesawat ini adalah pencapaian teknik yang luar biasa dan kami mengucapkan selamat kepada semua orang yang terlibat,” tambahnya.

Iklan Halaman Depan