Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Para Ilmuan Ungkap Foto “Black Hole” Pertama dalam Sejarah Astrofisika

Foto black hole yang diambil pertama kalinya dalam sejarah astrofisika. Sumber foto: time.com Berita24 – Sebuah tim ilmiah internasi...

Foto black hole yang diambil pertama kalinya dalam sejarah astrofisika. Sumber foto: time.com

Berita24 – Sebuah tim ilmiah internasional mengungkap foto black hole (lubang hitam) untuk pertama kalinya dalam sejarah astrofisika, pada Rabu (10/4).

Mengutip Reuters, lubang hitam adalah entitas mengerikan yang penuh dengan medan magnet ganas, sehingga tidak ada materi atau cahaya yang bisa lolos.

Foto lubang hitam yang diungkap ilmuan berada di pusat Messier 87 (M87), sebuah galaksi masif yang berada di tengah kluster galaksi Virgo yang relatif dekat dan menunjukkan cincin merah, kuning, dan putih yang mengelilingi pusat gelap.

Penelitian ini dilakukan oleh proyek Event Horizon Telescope (EHT), sebuah kolaborasi internasional yang melibatkan sekitar 200 ilmuan yang dimulai pada 2012 untuk mencoba mengamati langsung lingkungan dari lubang hitam. Pengumuman foto lubang hitam ini dibuat dalam konferensi pers di Washington, Brussels, Santiago, Shanghai, Taipei dan Tokyo.

Pengamatan tim EHT dilakukan untuk memvalidasi teori relativitas umum yang diusulkan pada tahun 1915 oleh Albert Einstein, ahli fisika teori terkenal, dan untuk menjelaskan hukum gravitasi dan hubungannya dengan kekuatan alam lainnya.

Lubang hitam M87 yang diamati oleh tim berjarak sekitar 54 juta tahun cahaya dari Bumi dan memiliki massa hampir tak terbayangkan yaitu 6,5 miliar kali Matahari. Sedangkan, satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam setahun yaitu 5,9 triliun mil (9,5 triliun km).

Iklan Halaman Depan