Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

www.uhamka.ac.id/reg

Kementrian Agama Jadwalkan Sidang Isbat Awal Puasa pada 5 Mei 2019

Seseorang tengah melihat hilal. Sumber foto: radarbogor.id Berita24 – Kementrian Agama mengumumkan akan menggelar sidang isbat penen...

Seseorang tengah melihat hilal. Sumber foto: radarbogor.id

Berita24 – Kementrian Agama mengumumkan akan menggelar sidang isbat penentuan awal puasa bulan Ramadhan 1440 Hijriyah pada 5 Mei 2019, dilansir Antara.

“Isbat awal Ramdhan dilaksanakan 5 Mei, bertepatan 29 Syaban 1440 H,” ujar Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin di Jakarta, Minggu (28/4).

Menurutnya, sidang isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Selain itu, sidang isbat juga akan dihadiri oleh Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kementrian Agama serta Tim Hisab dan Rukyat Kementrian Agama.

Proses sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB dengan diawali pemaparan Tim Hisab dan Rukyat Kementrian Agama tentang posisi Hilal menjelang awal Ramdhan.

Sedangkan, penentuan/isbat awal Ramadhan akan dilakukan selepas shalat Maghrib setelah mendapat laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Iklan Halaman Depan