Kampung Teko Menjadi Bagian Cerita Ibu Kota

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Kampung Teko Menjadi Bagian Cerita Ibu Kota

Sabtu, 27 April 2019
Foto : Ahmad Tri Hawaari
Berita24-Kampung Teko atau lebih dikenal dengan Kampung Apung berada di wilayah kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat.

Dinamakan Kampung Apung karena kawasan seluas kurang lebih 3 hektar dan yang di huni sekitar 400 kepala keluarga (KK) Itu berada di atas ketinggian air 1,5 meter, sehingga seolah-olah mengapung.

“Dulu tuh hijau kaya di Kalimantan, aksesnya dari jembatan kayu.” Ujar Ji’iI (30), warga Kampung Apung.

Bak sudah jatuh tertimpa tangga, Kampung Apung juga terancam digusur karena akan diterbangkan proyek pembangunan Jalan Panjang Raya yang menghubungkan wilayah Lebak Bulus hingga Bandara Soekarno-Hatta. Jalur ini, dipindahkan menjadi alternatif untuk mempersingkat waktu tempuh dan mengurangi kemacetan.

Karena itu, Pemerintah Walikota Jakarta Barat tidak dapat menyanggupi permintaan warga untuk membuat Taman Percakapan Rusunawa di kawasan ini, jika permintaan telah berhasil di uruk, (dilansir dari Kompas.com).

Sri Lestari (43), Ketua RT 10 Kampung Apung mengatakan, bahwa isu Kampung Apung digusur sudah ada isu berita tersebut, bahkan dari Ketua RT sebelumnya, isu ini marak di perbincangkan. Namun, hingga kini belum ada pemberitaan dari pemerintah dalam penggusuran tersebut.

Saat ini, Kampung Apung menjadi tempat perisitirahatan dan tempat berteduh para warga RT 10, Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Di mana saja, semua selamat dari semua senang tinggal di sana. Apa yang terjadi jika kampung yang dicinta-Nya tenggelam, terlarut tergusur oleh keras dan padatnya Jakarta.

Jurnalis : Ahmad Tri Hawaari