Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

www.uhamka.ac.id/reg

Jakarta Tempo dulu Kampung Tematik Penjaringan

Berita24 - Mural yang bertemakan "Jakarta Tempo Doeloe" menghiasi dan mempercantik Kampung Tematik Sketsa berada di kawasan Ko...


Berita24 - Mural yang bertemakan "Jakarta Tempo Doeloe" menghiasi dan mempercantik Kampung Tematik Sketsa berada di kawasan Kota Tua sekitar Galangan VOC sebrang Museum Bahari, Penjaringan Jakarta Utara.
"Jakarta Punya Gaye" salah satu tulisan bagian dari sederet mural yang ada di Kampung Tematik tersebut. Beragam mural interaktif ini layaknya sebuah karya seni tiga dimensi (3D) selain gambar ada properti yang di sajikan. Memadukan benda sungguhan yang seolah-olah lukisan yang ada itu hidup. Salah satunya ada becak yang di rekatkan ke dinding, tetapi Abang tukang becak hanyalah sebuah lukisan, namun apabila kita potret dengan sudut pandang yang baik mural ini terlihat sangat nyata.

Tak hanya sebatas lukisan di dinding, mural ini mempunyai ciri khas mengusung konsep Jakarta Tempo Doeloe. Mural yang berada di wilayah RW 05 Kelurahan Pluit Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara ini menceritakan kehidupan masyarakat Jakarta.
Pembuatan mural tersebut adalah inisiatif dari kerjasama antara Seniman, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, serta sebuah perusahaan cat sebagai kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

"Disini dulunya sepi hanya warga sekitar, sekarang bule- bule juga datang buat melihat mural mural disini" ujar Didi salah satu warga.

Menurut Didi, wisatawan lokal maupun asing biasanya ramai ketika akhir pekan ataupun hari libur nasional. Mereka yang melintasi Kampung Tematik Sketsa menyempatkan diri mengabadikan momen di mural-mural interaktif yang instagramable.

Jurnalis : Ahmad Tri Hawaari

Iklan Halaman Depan