Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

www.uhamka.ac.id/reg

Dinilai Krusial, KPU Sebut KPPS Harus Latihan Perhitungan Suara

Pemilu 2019 | Foto : lampung.tribunnews.com Berita24 - Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti mengemukakan potensi adan...

Pemilu 2019 | Foto : lampung.tribunnews.com

Berita24 - Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti mengemukakan potensi adanya kecurangan Pemilu yang berasal dari tidak profesionalnya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) saat bertugas di TPS.

Dilansir dari Tirto, Ray menilai potensi kecurangan ini dapat di minimalisir dengan adanya pelatihan rekapitulasi / perhitungan suara oleh KPU sebelum Pemilu.

Menurutnya, materi pelatihan yang dibutuhkan petugas KPPS, dapat berupa melipat surat suara agar tidak rusak dengan cepat. KPPS juga harus dilatih bagaimana mengahadapi berbagai persoalan yang mungkin terjadi saat proses pemungutan dan perhitungan suara berlangsung.

Ray mengaku, pelatihan bagaimana berkomunikasi, menahan emosi dan cara menenangkan masyarakat ketika proses pemungutan dan perhitungan suara berlangsung juga penting utnuk diberikan.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner KPU Wahyu Setiawan menyatakan bahwa lembaganya telah menjadwalkan pelatihan bagi petugas KPPS. Pelatihan ini akan diadakan oleh KPU tingkat Kabupaten / Kota dalam waktu seminggu ini.

Materi yang diberikan adalah bagaimana petugas KPPS dapat melakukan perhitungan suara dengan optimal sehingga tidak terjadi pengulangan karena adanya kesalahan atau perbedaan angka.

Menurut Wahyu, tahapan pemungutan perhitungan dan rekapitulasi suara merupakan tahapan yang krusial sehingga tidak bisa dipermainkan.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Iklan Halaman Depan