Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

www.uhamka.ac.id/reg

Cina dan Taiwan Bersitegang Setelah Serangan Pesawat Tempur

Pesawat tempur Cina. Sumber foto: BBC News Berita24 – Hubungan antara Cina dan Taiwan memanas setelah serangan pesawat tempur Cina ...

Pesawat tempur Cina. Sumber foto: BBC News

Berita24 – Hubungan antara Cina dan Taiwan memanas setelah serangan pesawat tempur Cina yang melintasi garis maritim antara Cina dan Taiwan pada Minggu (31/3), dikutip dari BBC News.

Serangan pesawat tempur adalah insiden paling serius selama bertahun-tahun. Serangan yang mencapai durasi sekitar 10 menit menunjukan bahwa serangan tersebut bukan merupakan kesalahan navigasi.

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, menyikapi serangan tersebut dengan memerintahkan agar pesawat tempur Cina yang melintasi garis maritim diusir dengan paksa.

Sedangkan pihak Cina terus berusaha untuk mengajak Taiwan kembali ke “One China”. Beijing menganggap Taiwan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Cina dan pemisahannya hanyalah fenomena sementara.

Presiden Cina, Xi Jinping, memperingatkan pada awal tahun ini bahwa penyatuan tetap menjadi tujuan utama Cina terlepas dari perbedaan antara dua sistem politik mereka. Dia menjelaskan bahwa Cina tidak akan "meninggalkan penggunaan kekuatan militer" dan bahwa Cina mempertahankan opsi "mengambil semua tindakan yang diperlukan."

Iklan Halaman Depan