Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Wireless Charging: Fitur Canggih Smartphone Masa Kini

Wireless Charging: Fitur Canggih Smartphone Masa Kini Berita24 – Teknologi wireless charging semakin berkembang dan menjadi trend. ...

Wireless Charging: Fitur Canggih Smartphone Masa Kini


Berita24 – Teknologi wireless charging semakin berkembang dan menjadi trend. Saat ini fitur Wireless Charging adalah fitur wajib dikalangan smartphone high end, contohnya saja Samsung S10 yang baru saja rilis di Indonesia.

Sebelum Samsung S10, beberapa smartphone kompetitor lainnya sudah menerapkan fitur ini dengan baik. Kompetitor itu adalah Oppo Smartphone dengan produk Oppo Find X dan Huawei dengan Huawei Mate 20 Pro. Bahkan Oppo mengklaim bahwa wireless charging pada Oppo Find X adalah yang tercepat di dunia.

Wireless charging adalah pengisian daya baterai tanpa kabel (nirkabel). Sebenarnya, wireless charging sudah diperkenalkan kali pertama pada 2009. Smartphone yang menggunakan fitur tersebut adalah Palm Pre, namun pasar kurang merespons sehingga produk itu berlalu begitu saja.

Pengisian nirkabel atau wireless charging didasarkan pada prinsip wireless daya atau magnetic resonance – yang mana listrik ditransfer antara dua benda melalui kumparan.Wireless charging terdiri dari kumparan primer sebagai charger (biasanya berbentuk papan atau silinder tipis), sedangkan kumparan sekunder terletak pada bagian belakang ponsel.

Banyak kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan fitur wireless charging ini. Diantara kelebihan itu ialah, Tidak perlu menghubungkan kabel dan colokan USB ke smartphone, terhindar dari kerusakan konektor USB karena sering dipergunakan untuk mengisi baterai, lebih hemat kabel charger akibat kerusakan USB mini pada bagian pengisian, dapat ditempatkan di berbagai tempat umum seperti airport, cafe, restoran dan mall untuk umum tanpa perlu menyediakan berbagai macam charger dengan colokan berbeda untuk setiap merk.


Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Anis FM

Reponsive Ads