Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Transjakarta Hadirkan Bus Listrik Ramah Lingkungan di Busworld South East Asia 2019

 Bus Listrik Transjakarta di Busworld South East Asia 2019 Berita24 - Kemajuan sektor transportasi massal di sejumlah negara mengacu pa...

 Bus Listrik Transjakarta di Busworld South East Asia 2019

Berita24 - Kemajuan sektor transportasi massal di sejumlah negara mengacu pada angkutan jalan yang ramah lingkungan. Pemahaman ini terwujud dengan keberadaan bus listrik dalam melayani masyarakat.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rapat pimpinan pada Januari lalu telah menginstruksikan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) untuk mengkaji bus listrik. Bahkan menyiapkan uji coba di tahun 2019. 

Sesuai arahan tersebut, Transjakarta mengkaji sesuai instruksi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan ujicoba bis listrik melalui komitmen dengan para penyedia yang bersedia diseleksi yang tertuang dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) bersama.

"Untuk mempersiapkan ujicoba, TransJakarta menandatangani MOU dengan tiga perusahaan, yakni BYD, MAB dan RAC-Danfoss, serta satu lembaga pendidikan, Institut Teknologi Bandung (ITB), yang akan menyiapkan bus listrik untuk diujicoba," kata Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono di Jakarta, Kamis (20/3).

 
Selain penyiapan unit yang mendukung ramah lingkungan, Transjakarta juga berperan dalam membangun kesadaran publik akan bus listrik. 

Maka pada penyelenggaraan Busworld Southeast Asia di JIEXPO Kemayoran, Transjakarta menghadirkan dua contoh bus listrik. "Yang satu dari BYD, yang sudah teruji di 50 negara dan salah satunya di kota Shenzhen yang sudah 100% menggunakan bus listrik sebanyak 16.000 unit. Satunya lagi dari MAB, hasil kreasi inovasi anak bangsa yang harus terus dikembangkan dan diperkuat untuk membangun kapasitas nasional," ungkapnya.

Agung menambahkan Transjakarta tetap terbuka untuk penyedia bus listrik yang ujicoba selama memenuhi syarat untuk kondisi operasional Transjakarta. Bekerja sama dengan para operator , dan memiliki kesiapan kemitraan dengan APM untuk penyiapan infrastruktur dan pemeliharaan.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Reponsive Ads