Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Google Didenda Uni Eropa $ 1,68 Miliar

Kantor Google. Sumber Foto: Sky News Berita24 – Google didenda oleh Uni Eropa (UE) senilai $ 1,68 Miliar karena memonopoli AdSense....

Kantor Google. Sumber Foto: Sky News


Berita24 – Google didenda oleh Uni Eropa (UE) senilai $ 1,68 Miliar karena memonopoli AdSense.

Dikutip dari Billboard, pihak regulasi UE telah mengumumkan hasil penyelidikan terhadap bisnis periklanan Google di konferensi pers di Brussel, Belgia (20/3).

"Keputusan hari ini adalah tentang bagaimana Google menyalahgunakan dominasinya untuk menghentikan situs web menggunakan broker selain dari platform AdSense," ujar komisaris persaingan Uni Eropa, Margrethe Vestager.

Komisi tersebut menemukan bahwa Google dan perusahaan induknya, Alphabet, melanggar aturan anti monopoli UE dengan memberlakukan pembatasan dalam kontrak dengan situs web yang menggunakan AdSense. Hal itu membuat saingan Google sulit menempatkan iklan mereka di situs-situs tersebut.

"Google mencegah para pesaingnya untuk memiliki kesempatan dalam berinovasi dan bersaing di pasar berdasarkan kemampuan mereka. Pengiklan dan pemilik situs web memiliki lebih sedikit pilihan dan kemungkinan menghadapi harga yang lebih tinggi untuk dapat memasang iklannya" tambah Vestager.

Ini adalah ketiga kalinya UE mendenda Google dengan penalti anti monopoli. Sebelumnya pada 2017 UE mendenda  Google senilai 2,42 miliar euro dalam kasus hasil pencarian belanja online.


Reponsive Ads