Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Batuud Koramil 04 Jebres memberikan penyuluhan Pencegahan Bencana Kebakaran

Berita24 -Peran TNI membantu pemerintah dalam penanggulangan/pencegahan Bencana alam terutama di daerah padat penduduk.   Maka pada hari R...

Berita24-Peran TNI membantu pemerintah dalam penanggulangan/pencegahan Bencana alam terutama di daerah padat penduduk.   Maka pada hari Rabu  tanggal 20 Maret 2019 pkl 09.00 wib bertempat di pendapi Kecamatan Jebres Pelda Yasir  Sujoko Batuud 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta sebagai Narasumber penyuluhan pencegahan bencana kebakaran Th 2019.  hadir dalam penyuluhan tersebut krg lebih 40 org.

Nara sumber penyuluhan pencegahan kebakaran  Ahmad Arzoni. ST. MT
Kabid pencegahan Dinas Kebakaran Kota Surakarta,  Bhabinkamtibmas  Polsek Jebres AKP Sutino Binma, Batuud Koramil/04 Jebres Kodim 0735 Surakarta dan,
Para peserta pelatihan penanggulangan pemadam kebakaran secara tradisional maupun modern dengan Akpar.

Pelda Yasir menyampaikan Kegiatan pelatihan pencegahan pemadam kebakaran kota Surakarta dikaitkan dengan tugas pokok TNI untuk  membantu Pemerintah  sesuai dengan Undang-undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI menjelaskan bahwa tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD negara Republik Indonesia tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Disamping itu dijelaskan juga tentang tugas TNI membantu Pemerintah seperti tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), kriteria bencana, prinsip-prinsip dalam pencegahan bencana alam, pertimbangan pelaksanaan, tataran kewenangan, mekanisme pelibatan satuan TNI AD, tahap pra bencana dan tahap tanggap darurat.

Kegiatan pelatihan ini juga dilaksanakan sosialisasi pencegahan kebakaran  oleh Dinas Pemadam kebakaran kota Surakarta ini bertujuan untuk memberikan pembekalan, pemahaman, pengetahuan, perencanaan serta keterampilan teknis penanggulangan bencana bagi satuan tugas penanggulangan bencana Kota Surakarta dengan materi antara lain manajemen penanggulangan bencana, peran TNI dalam penanggulangan bencana, teknik evakuasi korban bencana, pertolongan korban akibat bencana, pencegahan pemadam kebakaran.

Bersama instansi terkait memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang tiap harinya menjual  barang berbahaya Gas, Bensin, pelumas dll untuk pelayan kepada masyarakat. Kegiatan ini dengan tujuan menyadarkan Masyarakat agar tidak lupa mematikan Kompor atau Api saat ditinggal keluar Rumah atau pergi. jauhkan dari  barang-barang yang mudah terbakar.
(Agus Kemplu Pendim Solo)

Reponsive Ads