Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Mengikuti Jejak Sirkuit Mandalika, Kawasan Desa Rancung KEK Arun Cocok Dijadikan Sirkuit F1

Berita24 -Indonesia akan memiliki sirkuit kelas dunia yang bisa dipakai balapan MotoGP, yakni Sirkuit Mandalika. Ini adalah sirkuit jalan...


Berita24-Indonesia akan memiliki sirkuit kelas dunia yang bisa dipakai balapan MotoGP, yakni Sirkuit Mandalika. Ini adalah sirkuit jalan raya di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Sirkuit ini berada di Mandalika, yakni kawasan wisata seluas 1.035 hektar yang berlokasi di di Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Sejak 2017, Mandalika sudah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang diharapkan dapat menjadi tempat liburan yang cukup representatif di Lombok karena dilengkapi beberapa hotel dan beragam fasilitas rekreasi. Mandalika antara lain memiliki 7 spot wisata alam yang mempesona.

Melihat Potensi wisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang sedang dalam tahap penyelesaian pembangunan oleh investor, bahkan telah rampung segala  Infrastruktur penunjang kota baru Mandalika. Membuat Kawasan Ekonomi Khusus lainnya menjadi contoh serta ingin segera menyusul.

Kawasan kota Lhokseumawe, Aceh juga telah berdiri KEK Arun yang notabene memiliki kesamaan kawasan khusus membangkitkan perekonomian daerah seperti di KEK Mandalika.

" Seharus kawasan KEK Arun harus mencontohi pesatnya pembangunan KEK  Mandalika, bahkan ada sirkuitnya, itu role model, sebuah kawasan ekonomi khusus yang ekslusif dan nyaman bagi pendatang domestik serta Mancanegara " ujar Muh. Ichsan putra asli daerah Lhokseumawe yang merantau ke Jakarta.

Melihat potensi yang dimiliki Ex.PT Arun (Sekarang PAG) juga telah cukup lengkap dan siap dengan segala ketersediaan lahan dan Infrastruktur hal ini menjadikannya Kawasan Ekonomi Khusus setara Mandalika.

" Suatu saat saya akan melihat desa Rancung, Batuphat, hingga "Blang Panyang " menjadi kawasan wisata mewah setara luar negeri ada sirkuit yang sama seperti di Mandalika, disini saya artikan  kawasan Rancung, Batuphat juga berpotensi menjadi lahan  diajukan ke Pemerintah Pusat untuk dibangun sirkuit, dengan mengambil nama sirkuit Rancung atau Sirkuit Batuphat  ", terang Ichsan.

Jika terwujud sirkuit Rancung  atau sirkuit Batuphat kawasan KEK wisata Arun itu nantinya akan terwujud benar benar membangkitkan ekonomi kawasan Indonesia Bagian Barat ujung Sumatera dan kota Lhokseumawe  menjadi wilayah "Petro Dollar " kembali .

Di kawasan Ex. PT Arun (Perta Arun Gas)  banyak memiliki potensi wisata dibibir pantai, potensi wisata sejarah, wisata alam  serta keindahan Ex. Pabrik Kilang Perta Arun Gas (PAG) di sore hari. (*)

Oleh : Muhammad Ichsan, S.Pd
Pegiat Damai Resolusi Konflik Daerah dan Sejarah Pertahanan

Reponsive Ads