Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

www.uhamka.ac.id/reg

Penjelasan Tentang Orientasi Dasar-Dasar Islam UHAMKA

Berita24 -  Orientasi Dasar-Dasar Islam UHAMKA atau yang disebut dengan ODDI adalah kegiatan rutin yang harus diikuti oleh seluruh maha...


Berita24 - Orientasi Dasar-Dasar Islam UHAMKA atau yang disebut dengan ODDI adalah kegiatan rutin yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Sesuai dengan namanya, Orientasi Dasar-Dasar Islam diselenggarakan untuk membentuk mahasiswa agar memiliki karakter SIES, yakni Spiritual, Intelektual, Emosional, dan Sosial.

Hal tersebut sejalan dengan visi dan misi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang ingin mempersiapkan dan mencerak generasi unggulan dengan spirit Islam berkemajuan. Orientasi Dasar-Dasar Islam sangat penting untuk diikuti lantaran diisi dengan beragam materi menarik dan mencerdaskan. Narasumbernya sendiri merupakan orang-orang yang kompeten di bidangnya.

Dengan adanya ODDI, karakter mahasiswa akan terbentuk sehingga siap untuk bersaing dan memimpin Indonesia Emas 2045, menerima tantangan, dan membawa perubahan yang baik bagi Indonesia, termasuk perubahan di dunia Islam. 

Contoh Penerapan ODDI UHAMKA
Acara orientasi dasar-dasar Islam UHAMKA diselenggarakan selama 3 hari dengan ketentuan berbeda. Masing-masing peserta membawa alat tulis, obat pribadi, baju, perlengkapan olahraga, sepatu hitam resmi, dan sandal jepit. Selain itu para peserta juga harus membawa ponsel yang terkoneksi internet.

Hari pertama, mahasiswi harus menggunakan busana muslimah putih yang dipadu dengan rok hitam. Hari kedua wajib menggunakan baju batik dengan bawahan panjang dan hijab warna merah. Di hari ketiga mahasiswi memakai busana muslimah panjang bebas dengan hijab warna kuning.
Sementara untuk mahasiswa, pakaian wajib di hari pertama adalah baju kemeja warna putih yang dipadukan dengan celana panjang warna hitam. Hari kedua, mahasiswa menggunakan batik dengan celana panjang kain dan songkok. Di hari ketiga mahasiswa memakai kemeja dan celana warna kain dan songkok.

Rangkaian acara berlangsung dalam waktu yang cukup lama untuk memantapkan penerimaan ilmu dasar-dasar Islam sehingga mahasiswa bisa memperoleh pengetahuan. Selain itu, berbagai materi yang disampaikan memberikan mahasiswa dorongan dan motivasi untuk meneruskan dakwah Islam.
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka tidak hanya unggul dalam bidang akademik, melainkan juga dalam ilmu spiritual keagamaan. Orientasi dasar-dasar Islam UHAMKA hadir sebagai salah satu wujud nyata untuk mengakomodasi kegiatan belajar para mahasiswa.


Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : youtube UKM MPF i-FoToGRAFI

Iklan Halaman Depan