Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Penjelasan singkat tentang LPP Al-Islam dan Kemuhammadiyahan UHAMKA

Berita24 -  UHAMKA dibangun dengan misi pendidikan berdasar nilai keislaman serta menjalankan caturdharma dari PTM yakni membina ketakwaan...

Berita24 - UHAMKA dibangun dengan misi pendidikan berdasar nilai keislaman serta menjalankan caturdharma dari PTM yakni membina ketakwaan serta iman pada Allah Swt, melakukan pendidikan serta pengajaran, mengadakan pengembangan pengetahuan dengan penelitian, serta mengabdi pada masyarakat sesuai ajaran Islam. Hal ini dibuktikan dengan dibuatnya LPP Al-Islam dan Kemuhammadiyahan UHAMKA. Berikut ini penjelasannya :

1.      Mengenai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIKA) di UHAMKA
Al-Islam dan Kemuhammadiyahan merupakan suatu mata kuliah yang sifatnya wajib dipelajari oleh semua mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi muhammadiyah (PTM). Mata kuliah AIKA diajarkan dengan maksud memberikan dakwah yang islamiyah pada mahasiswa di PTM. Hal ini sebagai usaha pembentukan nilai keislaman dan pengajaran nilai luhur.
Pada setiap PTM pengajaran mengenai AIKA mungkin ada sedikit perbedaan tapi tak mengurangi dasar dari pengajaran AIKA. Mata kuliah dari AIKA meliputi akidah serta akhlak, peribadahan, tentang muamalah, pendidikan tentang agama, dan pengajaran terkait Islam untuk disiplin ilmu. Mata kuliah ini diharuskan untuk di ambil mahasiswa dari semua jurusan di PTM.

2.      LPP Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang ada di UHAMKA
Dalam membantu pendalaman Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di UHAMKA. Universitas ini membentuk lembaga pengkajian dan pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. LPP Al-Islam dan Kemuhammadiyahan UHAMKA ini bertugas untuk menghimpun informasi serta melakukan kegiatan terkait Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Sehingga nilai berbasis Islam dan kemuhammadiyahan dapat terus berkembang dan bertumbuh.
Lembaga ini banyak mengadakan kegiatan pendalaman Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan mengadakan diskusi, pertemuan, pendalaman materi, dan lain sebagainya. Bentuk dari hasil pengkajian di buat menjadi kumpulan artikel serta buku. Pendalaman nilai agama Islam juga diperkuat dengan mengadakan acara pengajian bersama. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan nilai Islam dalam pendidikan di lingkungan PTM.

UHAMKA sebagai perguruan tinggi muhammadiyah perlu menanamkan pengajaran dan nilai dasar keislaman. Oleh karena itu setiap mahasiswanya wajib mempelajari Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Hal ini dilakukan demi tercapainya pendidikan bernilai luhur dan sesuai ajaran Islam. Karena itu, dibentuklah LPP Al-Islam dan Kemuhammadiyahan UHAMKA. Guna melakukan pendalaman pengetahuan serta melakukan penyebaran nilai Islam.

Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : @lppaikauhamka

Reponsive Ads