Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Mengenal Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UHAMKA Lebih Dekat

Berita24 -  Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UHAMKA merupakan lembaga yang didirikan untuk mengembangkan dan meningkatkan...

Berita24Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UHAMKA merupakan lembaga yang didirikan untuk mengembangkan dan meningkatkan pengelolaan kegiatan pemberdayaan dan pengabdian masyarakat.

Lembaga ini menangani masalah pengabdian mahasiswa serta bagaimana peran mahasiswa dalam memberdayakan masyarakat. Mahasiswa merupakan bagian dari generasi muda penerus bangsa yang berasal dari kalangan intelektual. Dengan adanya lembaga ini, diharapkan para lulusannya nanti akan bisa mengabdi dan memberikan kontribusi untuk lingkungan sekitarnya.

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka sebagai universitas swasta yang menjunjung tinggi kepentingan masyarakat daripada golongan selalu berupaya untuk mengembangkan kemampuan masyarakat melalui program kegiatan mahasiswa. LPPM UHAMKA berfokus menggiatkan karya nyata untuk mewujudkan nilai-nilai positif yang berasal dari kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual serta menerapkan norma ilmiah, meningkatkan kemandirian dan kerja sama demi terciptanya generasi unggulan.

Apa Saja Kegiatan LPPM UHAMKA?
Salah satu tugas dari Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UHAMKA adalah mengurusi pelatihan mahasiswa yang akan terjun ke masyarakat melalui misi sosial maupun kemanusiaan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemandirian, mengembangkan entrepreneurship, menguatkan kesehatan organisasi, dan memberdayakan masyarakat. Kegiatan tersebut akan memberikan pemahaman pada mahasiswa mengenai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.
Sebagian besar program yang digagas LPPM UHAMKA lebih banyak berfokus di desa. Hal ini dilakukan karena banyaknya warga desa yang memiliki pengetahuan minim mengenai penyelesaian masalah di bidang ekonomi dan sosial. Oleh karena itu, agenda mahasiswa lebih banyak diarahkan untuk memberdayakan masyarakat desa.

Berkat program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat, mahasiswa diberi kesempatan untuk berperan langsung dalam program jangka pendek yang bisa juga berpengaruh bagi perkembangan desa di masa depan. Misalnya, program pengembangan entrepreunership dan penerapan tata kelola kelembagaan. Melalui pelatihan dan sosialisasi, pengetahuan warga desa akan meningkat. Dampaknya, kualitas hidup warna pun menjadi lebih baik. Program ini pun meningkatkan jalinanan kerja sama antara masyarakat desa dengan mahasiswa. Sesuai dengan visi dan misi Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UHAMKA.

Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : uhamka.ac.id

Reponsive Ads