Apa Fungsi dan Tujuan Lembaga Penelitian dan Pengembangan UHAMKA?

Iklan Semua Halaman

www.uhamka.ac.id/reg

Header Menu

Apa Fungsi dan Tujuan Lembaga Penelitian dan Pengembangan UHAMKA?

Berita 24 Indonesia
Jumat, 04 Januari 2019
Berita24 - Lembaga Penelitian dan Pengembangan UHAMKA merupakan salah satu unit pengelola teknis yang juga berfungsi sebagai pusat pengelolaan dan pengembangan kegiatan penelitian. Lembaga ini adalah wujud dari akhlak civitas akademika UHAMKA dalam mewujudkan ilmu dan amal ilmiah agar seirama dengan teknologi terapan yang semakin canggih dan inovatif.

Lemlitbang UHAMKA didirikan untuk mewadahi dan menjalankan Caturdarma perguruan tinggi di lingkungan perguruan Muhammadiyah. Dengan kata lain, Lemlitbang UHAMKA adalah ujung tombak pergerakan Muhammadiyah sebagai landasan ideologis yang terus mendorong perwujudan amal nyata sesuai dengan pedoman Al-Quran dan As Sunnah.

Kontribusi Lemlitbang UHAMKA untuk Indonesia
Sebagai salah satu kampus swasta ternama, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan melalui kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Penerbitan jurnal, karya ilmiah, dan pendampingan terhadap penelitian selalu digiatkan untuk mendorong mahasiswa berpikir kritis. Misalnya penelitian tentang masalah yang ada di sekitar lingkungan dan cara untuk mengatasi permasalah tersebut.

Melalui Lembaga Penelitian dan Pengembangan UHAMKA, mahasiswa dipersiapkan untuk membantu masyarakat melalui penelitian yang dibimbing langsung oleh dosen kompeten di bidangnya. Dengan begitu, mahasiswa akan mampu bersaing dan tidak mengalami kendala berarti ketika terjun di tengah masyarakat. Penerbitan jurnal dan kegiatan karya ilmiah pun dapat membentuk karakter mahasiswa. Cara pandang mahasiswa akan terbuka, wawasannya pun lebih luas. Bukan hanya itu, kinerja nyata berupa hasil dari penelitian juga bisa dijadikan referensi untuk menyelesaikan permasalahan baik di lingkungan sekitar kampus hingga negara.

Semua permasalahan dapat diselesaikan jika mahasiswa mampu berpikir kritis, kreatif, dan logis, yang diimbangi dengan akhlak terpuji. Sikap inilah yang ingin dibentuk Lemlitbang UHAMKA. Pasalnya, hal inilah yang dibutuhkan oleh masyarakat masa kini agar terus berkembang. Lembaga Penelitian dan Pengembangan UHAMKA mempunyai tujuan mulia, tidak hanya menjadi sebuah lembaga di kampus, tetapi juga berkontribusi membentuk karakter dan kecakapan setiap mahasiswa agar bisa kembali ke tengah masyarakat setelah lulus dan mengabdi untuk bangsa.

Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : lemlit.uhamka.ac.id