www.AlvinAdam.com

LANGGANAN GRATIS!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Berita 24 Indonesia

Terpopuler Bulan Ini

Pemerintah Indonesia Diharapkan dapat Duplikasi Praktik Baik ...

Posted by On 11.07

Pemerintah Indonesia Diharapkan dapat Duplikasi Praktik Baik ...

Pemerintah Indonesia Diharapkan dapat Duplikasi Praktik Baik Sumsel di Bidang Pertanian

“Akan sangat baik jika best practices Sumatera Selatan (Sumsel) di bidang pertanian dapat diduplikasi di provinsi lain di Indonesia,” katanya

Pemerintah Indonesia Diharapkan dapat Duplikasi Praktik Baik Sumsel di Bidang PertanianDokumentasi Kementerian Luar Negeri RIPelapor Khusus PBB untuk Hak atas Pangan Hilal Elver

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelapor Khusus PBB untuk Hak Atas Pangan, Hilal Elver telah selesai melakukan kunjungan kerjanya di Lahan Pasang Surut, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (12/4/2018).

Dari peninjauannya itu, Elver menyampaikan, pengelolaan tanaman pangan di Sumatera Selatan dapat diduplikasikan ke provinsi lain.

“Akan sangat baik jika best practices Sumatera Selatan (Sumsel) di bidang pertanian dapat diduplikasi di provinsi lain di Indonesia,” katanya seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri, Jumat (13/4/2018).

Best practices yang dimaksud oleh SR on Food adalah keberhasilan Pemerintah Daerah Sumsel dalam menghadapi tantangan khusus di Sumatera Selatan, yang 70 persen area tanahnya didominasi oleh lahan suboptimal berupa rawa lebak (swamp) dan lahan pasang surut (tidal land).

Baca: Puisi Novanto: Di Kolong Meja, Ada Pecundang yang Sembunyi Sembari Cuci Tangan

Inovasi, teknologi, dan kemitraan dengan swasta telah terbukti dapat meningkatkan produktivitas sawah di lahan sub-optimal yang sebelumnya hanya sekali panen menjadi dua hingga tiga kali panen dalam setahun.

Kunjungan SR on Food selam a 2 hari di Sumatera Selatan diawali dengan diskusi bersama perwakilan dari berbagai dinas terkait di provinsi Sumsel (11/04) untuk memberikan gambaran mengenai berbagai program prioritas, inovasi, capaian dan tantangan yang dihadapi di Sumatera Selatan dalam upaya pemenuhan hak atas pangan.

Pertemuan dipimpin oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumsel dan juga dihadiri oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Nasional.

Selain apresiasi terhadap optimalisasi lahan sub-optimal, SR on Food menyambut positif berbagai program yang dicanangkan oleh jajaran Pemda Sumsel untuk menjaga ketersediaan lahan pertanian pangan, antara lain program pemberian sertifikat tanah kepada para transmigran yang penggunaannya dibagi menjadi lahan tanaman pekarangan (tanaman pangan) dan lahan usaha.

Kemudian, peraturan yang mewajibkan perusahaan untuk mengalokasikan 10 hingga 25 persen lahan industri untuk tanaman pangan yang dikelola masyarakat, dan peraturan daerah guna melindungi lahan tanaman pangan dari konversi lahan.

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Imanuel Nicolas Manafe Ikuti kami di Ingat Siswi Cantik SMA Jual Keperawanan Rp 1,5 Juta Untuk Bayar Utang? Ternyata Pembelinya Mahasiswa Sumber: Google News | Berita 24 Sumsel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »