www.AlvinAdam.com

Berita 24 Indonesia

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Paling Getol Tentang Suhaili Soal Kereta Gantung, Ini Rencana ...

Diposting oleh On 19.21

Paling Getol Tentang Suhaili Soal Kereta Gantung, Ini Rencana ...

kicknews.today â€" Beberapa waktu yang lalu, masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) dihebohkan dengan rencana dari salah satu kandidat calon gubernur NTB saat ini yaitu Suhaili FT soal rencananya akan membangun kereta gantung di Gunung Rinjani. Pro dan kontra antar masyarakat terjadi. Ada yang setuju tapi banyak yang menentang.

Salah satu orang yang paling getol menentang rencana Suhaili FT yang saat itu menjabat sebagai Bupati Lombok Tengah ialah kandidat calon Wakil Gubernur yang berpasangan dengan TGH Ahyar Abduh pada ajang Pilkada 2018 ini, yaitu H Mori Hanafi SE M.Comm.

Selaku Wakil Rakyat dua periode yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB yang diusung partai Gerindra besutan Prabowo Subianto membuatnya harus bicara lantang soal kelangsungan dan keseimbangan alam di Gunung Rinjani yang menjadi kebanggaan masyarakat NTB itu.

Baca Juga

Cata t…! Ini 5 Komitmen Ahyar-Mori Untuk Penyandang Disabilitas

Dipeluk Ibu-ibu di Pulau Bungin, Mori Hanafi: Eits… Bukan muhrim

Cari Tau Siapa Jubir Mori Hanafi yang ‘Curi Perhatian’ Ini

Dua Bupati di Sumbawa Pasang Badan untuk Kemenangan Ahyar-Mori

Melalui juru bicaranya, Muti’ah Murni SH M.Kn, Mori Hanafi menjabarkan rencananya mengenai Gunung Rinjani. Bukan itu saja, bahkan dia mengulas mengenai keberlangsungan Gunung Tambora dan Sangiang Api di Pulau Sumbawa.

“Beberapa hari yang lalu kami dapat pesan dari para pegiat Geopark Rinjani-Tambora yang ingin mengetahui bagaimana arah kebijakan dari pasangan calon Ahyar-Mori terhadap keberlanjutan Geopark di NTB,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (1/3 ).

Terkait hal ini, dijelaskan wanita yang akrab dipanggil Muti itu mengenai rencana Mori Hanafi dan arah kebijakan Ahyar-Mori soal Gunung Rinjani dan Gunung Tambora juga kawasan Geopark lainnya.

“Ahyar-Mori sangat mendukung dan menyambut baik dua Gunung di NTB menjadi kawasan Geopark Dunia bahkan ke depan, Gunung Sangiang Api di Bima juga akan diperjuangkan menjadi kawasan Geopark,” jelasnya.

Menurutnya, menjadi kawasan Geopark berarti menjadi milik masyarakat luas. Tidak hanya NTB, Indonesia tapi juga menjadi milik masyarakat dunia.

Hal ini membuat Rinjani maupun kawasan geopark lain tidak boleh dibangun dan ditata sembarangan, meskipun dengan dalih meningkatkan kunjungan pariwisata.

“Konsep kepariwisataan Geopark harus sejalan dengan konsep kelestarian alam,” tegasnya.

Dikatakan dia, Masyarakat sekitar gunung harus menjadi pelaku utama ekonomi dan penjaga alam. Hal ini bisa diwujudkan melalui program penguatan ekonomi dan pendidikan unt uk meningkatkan pengetahuan mengenai warisan budaya dan pentingnya kelestarian alam.

“Kalau perlu di dua kawasan ini (Rinjani-Tambora, red) dibangun laboratorium besar Geologi, Flora dan fauna dan Sosial Budaya tentang kegunung apian. Hal ini karena Rinjani dan Tambora merupakan kawasan mahkota cincin api dan kawasan katastropik dunia,” jabarnya.

Dijelaskan, karena di wilayah Geopark tersebut terdapat kawasan penduduk, maka zonasinya juga harus ditata baik. Mana yang merupakan wilayah konservasi, mana yang merupakan hunian dengan sosial budayanya dan mana yang menjadi wilayah ekonomi dan kepariwisataan.

“Menerapkan standar yang lebih baik kepada semua pihak yang ingin melakukan kegiatan kepariwisataan khususnya pendakian untuk menjaga kelestarian alamnya,” sambung dia.

Selain itu, menjalin kerjasama multi pihak untuk memajukan kepariwisataan dan pemanfaatan produk â€" produk masyarakat lingkar gunung akan menjadi perhatian program dari pasangan Ahyar- Mori.

“Satu lagi, ada istilah Brother and Sister Mountains yang akan diterapkan. Nah untuk ini nanti penjelasan lebih detil disampaikan mungkin oleh Bang Mori langsung,” tutup wanita yang pernah menjadi Puteri Indonesia Favorit Kepulauan Bali, NTT & NTB pada tahun 2006 ini. (red.)

Tanggapan Pembaca

Tanggapan

Sumber: Google News | Berita 24 NTB

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »