Tim SRI California Kembangkan Antibodi Obat HIV

Tim SRI California Kembangkan Antibodi Obat HIV Foto: thehealthsite CALIFORNIA, suaramerdeka.com â€" Sebuah antibodi yang mencegah vi...

Tim SRI California Kembangkan Antibodi Obat HIV

Foto: thehealthsite

Foto: thehealthsite

CALIFORNIA, suaramerdeka.com â€" Sebuah antibodi yang mencegah virus untuk memasuki dan menginfeksi sel-sel sistem kekebalan tubuh yang penting telah berhasil direkayasa oleh para ilmuwan.

Para ilmuwan mendengung-dengungkan penemuan yang menurut mereka bisa menyembuhkan infeksi HIV. Mereka telah merekayasa sebuah antibodi yang mencegah virus untuk memasuki dan menginfeksi sel-sel sistem kekebalan tubuh yang penting.

Prosesnya, yang dikembangkan oleh Scripps Researcher Institute di California, melibatkan penambatan sebuah antibodi, yang melawan infeksi, langsung ke sel-sel T, sel-sel sistem kekebalan tubuh yang diincar oleh virus AIDS. Sedikit-sedikit, apabila ada cukup sel kekebalan tubuh yang terinfeski dan dihancurkan oleh HIV, penyakit i tu kemudian berkembang menjadi AIDS, menuju sebuah kematian yang pasti. Namun demikian, antibodi tersebut, menghalangi reseptor dari sel-sel T yang digunakan oleh HIV untuk masuk dan menghancurkannya.

Inilah yang disebut oleh ahli kimia kekebalan tubuh, Richard Lerner, sebagai bentuk “vaksinasi sel.” Ia berkata bahwa perubahan genetik dari sel0sel T dengan antibodi yang ditambatkan tidak menghalangi kemampuan sel-sel kekebalan tubuh untuk melawan virus-virus penyakit lainnya.

Lerner adalah penulis senior dari studi yang menjelaskan karya tersebut dalam Prosiding Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional.

Vaksin eksperimental HIV berusaha untuk merangsang respon kekebalan tubuh, dengan menciptakan antibodi spesifik HIV untuk menyerang dan menghancurkan sel-sel yang terinfeksi. Namun Lerner mengatakan konsentrasi antibodi yang mengalir bebas dalam aliran darah terlalu rendah untuk menjangkau setiap sel T yang terinfeksi. ‘Hanya yang Terkuat yang Dapat Bertahan’ ur ainya.

Pendekatan ini berbeda, dengan hanya melindungi sel-sel T yang sehat. “Anda tidak peduli dengan bagian tubuh lainnya,” jelas Lerner.

“Anda hanya ingin melindungi sel-sel tersebut dari virus-virus dan serangan virus. Jadi itulah prinsip kimianya. Tidak perlu repot-repot mengimunisasi seluruh tubuh. Hanya mengimunisasi sel-sel yang menjadi korban yang sesungguhnya.” tambahnya.

Timnya menambahkan gen pada sel-sel T yang menginstruksikan mereka untuk mensintesa antibodi yang akan mengikatkan diri pada reseptor sel yang disebut CD4. Itu adalah pintu masuka ke sel untuk HIV. Dengan menambahkan antibodi yang mengikatkan diri pada permukaan sel akan menghalangi pintu masuk bagi HIV.

Harapannya secara berangsur-angsur dalam tubuh manusia, sel-sel yang resisten terhadap HIV ini akan menggandakan diri menjadi jutaan sel, dan menurunkan gen yang bersifat protektif, saat sel-sel yang tidak terlindung mati, memusnahkan virus AIDS dari dalam tubuh dan mem ulihkan tubuh untuk jangka panjang.

Paling tidak itu adalah apa yang eksperimen dalam laboratorium tunjukkan ketika baik sel-sel T manusia yang telah direkayasa dan yang tidak terlindungi terpapar pada HIV.

(VOA/CN34)

Sumber: Suara Merdeka

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Bisnis,219,Dunia,133,Edukasi,105,Hiburan,26,Nasional,336,Olahraga,230,Politik,39,Sains,10,Teknologi,14,
ltr
item
Berita 24 Indonesia: Tim SRI California Kembangkan Antibodi Obat HIV
Tim SRI California Kembangkan Antibodi Obat HIV
http://berita.suaramerdeka.com/konten/uploads/2014/09/HIV-AIDS-400x241.jpg
Berita 24 Indonesia
http://www.berita24.com/2017/04/tim-sri-california-kembangkan-antibodi_89.html
http://www.berita24.com/
http://www.berita24.com/
http://www.berita24.com/2017/04/tim-sri-california-kembangkan-antibodi_89.html
true
8873009527769896651
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy